Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Des 2017 08:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengintip Kampung Hobbit di Bandung

Wisma Putra
detikTravel
Kampung Hobbit di Bandung (Wisma Putra/detikTravel)
Kampung Hobbit di Bandung (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung - Ingin berlibur dan menjelajahi perkampungan ala Hobbit seperti trilogi Lord of The Ring? Datang saja ke Bandung, Jawa Barat.

Kini kota yang dikenal dengan banyak obyek wisatanya tersebut memiliki perkampungan hobbit atau hobbiton adventure jungle yang berada di kawasan objek wisata Fatmhouse Susu Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Perkampungan hobbiton ini memang didesain semirip mungkin menyerupai perkampungan yang ada di film itu dan dibangun di lahan kurang dari satu hektare.

Untuk masuk ke perkampungan hobbit ini, Anda harus membeli vocher tambahan, untuk menebus sebuah kue pie seharga Rp 20 ribu sekaligus juga dapat digunakan sebagai tiket masuk.

"Hobbitton Adventure, ini berangkat dari pintu rumah hobbit yang sempat viral (setahun sebelumnya), banyak orang berfoto di pintu tersebut (sampai mengantre)," kata Owner Farmhouse Susu Lembang Elen Tristrianto kepada detikTravel, Rabu (27/12) kemarin.

Selamat datang di Kampung Hobbit (Wisma Putra/detikTravel)Selamat datang di Kampung Hobbit (Wisma Putra/detikTravel)

Elen, Owner sekaligus arsitek yang membangun perkampungan hobbit itu mengungkap, selama dibangun pintu hobbit itu banyak yang memberi masukan kepadanya.

"Loh kenapa cuman pintu dan tidak bisa di masukin? Disitu kami buat rumah hobbit, yang ada dapur, kamar dan lainnya. Walaupun tidak dibuat seperti aslinya, rumah tersebut saya rasa sudah mirip seperti di film Lord of The Ring," ungkap Elen.

detikTravel berkesempatan masuk ke perkampungan hobbit itu, suasannanya cukup berbau mistis dan menantang untuk dijelajahi.

Lantai pertama, lukisan pemeran The Hobbit akan menyambut wisatawan yang masuk ke rumah tersebut. Sebelum dibebaskan menjelajahi rumah itu, para wisatawan akan diberi pengarahan oleh pengelola untuk tidak menyentuh dan merusak barang-barang yang ada di rumah itu.

Lukisan pemeran The Hobbit (Wisma Putra/detikTravel)Lukisan pemeran The Hobbit (Wisma Putra/detikTravel)

Rumahnya itu berbentuk seperri leter U, setelah melihat lukisan pemeran The Hobbit, para wisatawan juga dapat melihat koleksi hiasan rumah seperti The Hobbit, dari mulai, kamar mini, dapur, pakaian, lemari, kursi, tanaman, lukisan, buku, guci, fermentasi anggur, sayuran, buah-buahan dan lainnya.

Untuk menyerupai seperti bentuk aslinya, dibutuhkan waktu selama empat bulan bagi Elen membangun rumah itu. Seluruh barang-barang yamg ada di dalammya merupakan koleksi pribadinya.

Bagian dalam rumah Hobbit (Wisma Putra/detikTravel)Bagian dalam rumah Hobbit (Wisma Putra/detikTravel)

"Itu koleksi pribadi, yang menyerupai sama aslinya. Saya sampai nonton film itu agar bisa membuat semirip mungkin," tuturnya.

Perkampungan hobbit ini kini menjadi wahana favorit di Farmhouse Susu Lembang setelah Petting Zoo dan disukai kebanyakan oleh orang dewasa.

Tertarik ke sini? (Wisma Putra/detikTravel)Tertarik ke sini? (Wisma Putra/detikTravel)

"Unik, menarik, seperti di film aslinya," kata Siti Nuraeni Agustia (23) wisatawan asal Sukabumi.

Tia sapaan karibnya mengatakan, selain dapat berswafoto, jika masuk ke rumah hobbit itu memiliki sensasi tersendiri. "Rasanya beda saja tidak seperti masuk pada rumah umumnya. Kalau dibilang mistis mungkin, apalagi saat mendengar alunan lagu yang diputar pas sedang menjelajahi rumah itu," pungkas Tia.

Banyak spot asyik buat foto-foto (Wisma Putra/detikTravel)Banyak spot asyik buat foto-foto (Wisma Putra/detikTravel)
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA