Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Jan 2018 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan Tahun Baru di Pulau Kodingareng Keke, Seperti Milik Pribadi

Ibnu Munsir
Redaksi Travel
Pulau Kodingareng Keke di Makassar (Ibnu/detikTravel)
Pulau Kodingareng Keke di Makassar (Ibnu/detikTravel)
Makassar - Pulau Kodingareng Keke di Makassar menjadi salah satu destinasi asyik untuk menikmati libur Tahun Baru. Selain indah, tempatnya juga sepi seperti milik pribadi.

Bagi traveler yang berlibur ke Makassar, tak cukup jika hanya mengunjungi Pantai Losari saja tanpa merasakan keindahan pulau di Kota Angin Mamiri ini.

Jika ingin merasakan akhir pekan yang berbeda, yuk ke Pulau Kodingareng Keke untuk menikmati alam bawah laut, pasir putih yang menggoda hingga memanjakan mata dengan birunya langit dan laut. Anda akan merasakan sensasi liburan di pulau sendiri.

Sepi seperti milik pribadi (Ibnu/detikTravel)Sepi seperti milik pribadi (Ibnu/detikTravel)

Pulau Kodingareng Keke memang merupakan sebuah pulau kosong tidak berpenghuni. Hanya ada semak-semak, pohon pinus, dermaga, bangunan berbentuk menara mercusuar, serta beberapa ekor kucing. Entah darimana kucing-kucing ini berasal.

Secara geografis, pulau ini masuk dalam Kecamatan Sangkarang Makassar dan berjarak kurang lebih 14 km dari pesisir Makassar. Bentuknya pun memanjang dari timur laut ke barat daya.

Bagi traveler yang akan berkunjung, Anda harus menyewa perahu motor tempel (atau biasa disebut pappalimbang/jollorok) di dermaga Kayu Bangkoa Jl Pasar Ikan atau Dermaga Popsa yang ada di seberang benteng Rotterdam dengan kapasitas 8 sampai 10 orang.

Untuk menuju ke Pulau Kodingareng Keke hanya memakan waktu sekitar 40-60 menit tergantung kecepatan perahu motor dan kondisi cuaca saat menyeberang. Biayanya adalah Rp 500.000, tergantung kesepakatan Anda dengan pemilik kapal.

Pulau ini tidak berpenghuni (Ibnu/detikTravel)Pulau ini tidak berpenghuni (Ibnu/detikTravel)

Salah satu keunikan Pulau Kodingareng Keke adalah memiliki jenis pasir yang berbeda di sisi-sisi pulaunya. Di bagian selatan adalah pecahan karang halus dan kerikil, sedangkan di bagian utara berupa pasir putih yang lembut. Sejauh mata memandang hanya ada hamparan pasir putih dengan perairan yang biru jernih.

Walau pun tidak berpenghuni, biasanya ada beberapa nelayan atau warga pulau lain yang datang ke sini. Alternatif bagi traveler yang akan ke sini jangan lupa membawa tikar sendiri yang bisa digelar di bawah pohon pinus.

Sebagai salah satu pulau dengan pemandangan bawah laut yang indah, Kodingareng Keke menjadi tempat favorit para penyelam.

"Pulaunya bagus, bersih, dan tak berpenghuni, kami bersama teman datang melihat langsung sekalin mengisi libur panjang," kata Haspan pada detikTravel Senin (1/1/2018).

BagI traveler yang tak menyelam, kegiatan lain yang tidak kalah asyiknya adalah bakar-bakar ikan. Biasanya traveler bisa membawa dari rumah atau singah membeli di pelelangan ikan yang tak jauh dari dermaga.

Ayo traveler, tunggu apalagi! Yuk isi libur panjang Anda di Makassar dengan berwisata pulau dan mengunjungi Pulau Kodingareng Keke untuk merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi.



(krn/rdy)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED