Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Jan 2018 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Beli Mainan Kayu Jadul di Bandung, Ini Tempatnya

Wisma Putra
detikTravel
Foto: Kios penjual mainan kayu jadul buat nostalgia traveler (Wisma/detikTravel)
Foto: Kios penjual mainan kayu jadul buat nostalgia traveler (Wisma/detikTravel)
Bandung - Mainan kayu jadul ternyata masih bisa traveler temui di Jalan Raya Bandung-Cianjur. Kamu yang ingin bernostalgia masa kecil, bisa membelinya di sini.

Kios oleh-oleh yang dikenal sebagai sentra oleh-oleh 'Peyeum Bandung', ternyata juga menjual mainan kayu dan kerajinan tangan khas Jawa Barat.

Kerajinan tangan yang berbahan kayu ini seperti kuda-kudaan, miniatur truk, kentongan berbentuk si cepot, ikan, cabai merah dan terong ungu, wayang golek Jelekong. Ada juga celengan dan guci-guci, coet mutu, berbahan baku dari tanah liat.

"Kerajinan tangan ini ada yang dibuat oleh pengrajin adal Cipatat seperti kuda-kudaan, miniatur truk dan kentongan. Kalau celengan atau guci-guci itu dibuat di Plered Purwakarta," ujar Intan (35) di kiosnya, Jumat (30/12/2017) akhir pekan lalu.

Anak-anak melihat mainan (Wisma/detikTravel)Anak-anak melihat mainan (Wisma/detikTravel)


Intan mengungkapkan, untuk harga kerajinan tangan yang dijualnya itu bermacam-macam, tergantung jenis, bentuk, besar dan kecilnya kerajinan tangan itu.

"Di jual dari Rp 15 ribu sampai 250. Selain peyeum banyak juga yang membeli kerajinan tangan di sini," ungkapnya.

Kuda-kudaan kayu (Wisma/detikTravel)Kuda-kudaan kayu (Wisma/detikTravel)


Menurut Intan, kerajinan tangan asli Cipatat yang banyak dikenal banyak orang yaitu kuda-kudaan, miniatur truk dan berbagai bentuk kentongan kayu.

"Kerajinan tanangan itu dibuatnya asli oleh pengrajin asal Cipatat, ya sekitar 30 tahun lalu wilayah ini sudah dikenal sebagau sentra oleh-oleh Bandung," jelasnya.

Salah satu pembeli asal Sukabumi Oneng Fitria (34) mengatakan, kerajinan tangan yang dijual disejumlah kios oleh-oleh itu tergolong murah.

"Selain murah, kualitasnya juga bagus, tidak kalah dengan barang pabrikan," ujar Oneng.

 Pengunjung ada saja yang beli mainan dan peuyeum (Wisma/detikTravel) Pengunjung ada saja yang beli mainan (Wisma/detikTravel)


Di kios oleh-oleh itu, Oneng membeli peyeum Bandung, kerupuk malarat dan kuda-kudaan. "Beli peyeum aja makanan khas Bandung. Terus kuda-kudaan untuk anak adik saya yang masih berusia 7 tahun," pungkasnya.

Selain peuyeum, untuk kuliner khas Jawa Barat di antaranya, kerupuk malarat, ubi cilembu, tauco, macam-macam manisan buah danlainnya.

"Kebanyakan, kalau makanan seperti kerupuk malarat, ubi cilembu, tauco dan manisan buah, termasuk peyeum itu ada yang menitipkan. Ada bandarnya, kalau saya cuma menjual saja," ujar salah satu pedagang Esih Sukaesih (56). (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA