Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Jan 2018 17:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Asyiknya Snorkeling Bareng Nemo di Pulau Kapoposang

Moehammad Bakrie
Redaksi Travel
Ikan nemo di Pulau Kapoposang, Sulawesi Selatan (Moehammad Bakrie/detikTravel)
Ikan nemo di Pulau Kapoposang, Sulawesi Selatan (Moehammad Bakrie/detikTravel)
Moehammad Bakrie - Nama Pulau Kapoposang di Sulawesi Selatan memang masih asing terdengar. Namun di sana, kamu bisa snorkeling bareng ikan nemo. Asyik!

Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan dikenal sebagai wilayah yang memiliki gugusan pulau spermode yang begitu indah dan memukau.

Salah satunya Pulau Kapoposang yang berada di Desa Mattiro Ujung, Kecamatan Liukang Tupabiring, Pangkep. Di pulau ini, traveler akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis bawah laut.

Pulau Kapoposang yang indah bukan main (Moehammad Bakrie/detikTravel)Terumbu karangnya terlihat jelas (Moehammad Bakrie/detikTravel)

Hanya berjarak 100 meter dari bibir pantai pulau ini, traveler sudah bisa bersnokeling dan melihat pemandangan biota laut yang memukau. Salah satunya, ikan badut atau yang biasa dikenal ikan nemo.

"Airnya sangat jernih, jadi enak sekali bersnokeling. Banyak biota laut yang memukau seperti Ikan badut yang mudah kita temukan di atas terumbu karang," kata salah seorang Traveler, Hasniah pada detikTravel di lokasi, Selasa (9/1/2018).

Di kedalaman laut, traveler bisa menyelam dan menikmati ragam terumbu karang dari hasil transplantasi masyarakat dan pemerintah setempat.

Jika lapar, traveler tidak usah susah payah. Mencari ikan di pulau ini terbilang cukup mudah. Cukup dengan memancing di sekitar dermaga, traveler bisa mendapatkan ikan sekelas ikan kakap.

"Air sumur di pulau ini juga sangat tawar. Jadi kita tidak usah bersusah payah membawa air dari dermaga," lanjut Hasniah.

Saat matahari terbenam, traveler akan disuguhkan dengan pemandangan sunset yang memukau dari bibir pantai berpasir putih bersih.

Sunset indah di Pulau Kapoposang (Moehammad Bakrie/detikTravel)Sunset indah di Pulau Kapoposang (Moehammad Bakrie/detikTravel)

Masyarakat di pulau ini memang sangat menjaga kelestarian lingkungannya. Tidak satu pun nelayan yang mencari ikan dengan cara ilegal, seperti bom dan pukat harimau. Mereka sadar, hal itu akan merusak alam.

"Dulunya memang ilegal fishing marak di sini. Tapi perlahan, masyarakat sadar, jika hal itu membuat mereka sendiri yang susah mencari ikan," kata Kepala Desa setempat, Hasanuddin.

Pulau ini terletak 30 mil dari Dermaga Pangkep dan Dermaga Paotere Makassar. Untuk sampai ke sana, perjalanan ditempuh 2 sampai 4 jam, tergantung perahu yang digunakan. Harga sewa berkisar antara Rp 250 sampai Rp 350 ribu. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!