Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jan 2018 08:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ternyata Maros Punya Air Terjun Secantik Ini

Moehammad Bakrie
detikTravel
Air Terjun Lengang di Maros (Moehammad Bakrie/detikTravel)
Air Terjun Lengang di Maros (Moehammad Bakrie/detikTravel)
Maros - Selama ini Maros di Sulawesi Selatan dikenal akan peninggalan bersejarahnya. Namun, ternyata Maros juga punya air terjun cantik yang masih perawan.

Tak banyak yang tahu jika di sebuah wilayah pelosok tepatnya di dusun Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cenrana, Maros, Sulawesi Selatan, terdapat air terjun yang begitu menakjubkan.

Namanya, Air Terjun Lengang, dalam bahasa Indonesia diartikan tidur terlentang. Jika dari Kota Makassar, jaraknya sekitar 50 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Di lokasi air terjun yang tingginya mencapai 20 meter ini, traveler bisa menikmati pemandangan hamparan sawah dan kebun dari atas air terjun. Saat matahari terbenam, traveler akan terpukau dengan pemandangan sunset dari balik bukit.

"Spot untuk berfoto itu paling bagus dari atas air terjun, karena backgroundnya persawahan. Apalagi saat sunset, kita akan terpukau," ungkap Erwin kepada detikTravel, Jumat (26/1/2017).

Tidak kalah dengan air terjun di luar negeriTidak kalah dengan air terjun di luar negeri (Moehammad Bakrie/detikTravel)

Di sisi kanan air terjun, terdapat irigasi warga yang bisa dilalui untuk turun ke are dasar aliran air. Di sana, traveler akan kembali takjub dengan pemandangan air terjun yang tinggi menjulang.

Beberapa bebatuan besar di sekitar aliran air terjun dapat dimanfaatkan untuk memasang hammok. Tapi, traveler jangan coba untuk mandi tepat di bawah air terjun karena airnya sangat deras.

"Di bawah itu airnya deras, jadi kita tidak bisa mandi. Kalau mau mandi, amananya itu di aliran sungainya yang tenang," lanjut Erwin.

Mau santai di sini?Mau santai di sini? (Moehammad Bakrie/detikTravel)

Jika berkunjung ke sana, traveler sebaiknya menyiapkan perlengkapan untuk bermalam seperti tenda dan peralatan lainnya. Spot untuk bangun tenda, paling bagus di bagian atas air terjun karena saat malam, pemandangannya juga sangat menawan.

"Kalau cuacanya bagus, pemandangan malam juga tidak kalah indahnya. Karena di tempat bangun tenda itu daerah tinggi, kerlip lampu rumah warga dan bintang terasa dekat terlihat," terangnya.

Panorama dari atas air terjunPanorama dari atas air terjun (Moehammad Bakrie/detikTravel)

Untuk sampai tepat di lokasi Air Terjun Lengang ini, traveler bisa menggunakan motor trail. Namun, jika menggunakan mobil atau motor biasa, harus ditempuh dengan sedikit berjalan kaki.

Di sepanjang perjalanan dari pusat Desa Laiya, pemandangan hutan pinus dan suasana alam yang sejuk akan anda rasakan lebih awal sebelum sampai di lokasi air terjun.


(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED