Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Mar 2018 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Satu Lagi Es Abadi di Papua

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Es abadi di Puncak Mandala di tahun 1991 (Wanadri)
Es abadi di Puncak Mandala di tahun 1991 (Wanadri)
Pegunungan Bintang - Selama ini, kebanyakan traveler pendaki mengetahui akan adanya es abadi berada di Puncak Sumantri, Jaya, dan Carstensz Timur. Ada satu lagi yang menyajikannya, yakni Puncak Mandala.

Dijelaskan Dzaki Tirta, Ketua Festival Puncak Papua (FPP) dari Wanadri yang juga sebagai Komandan Operasi Dewan pengurus XXV Wanadri, acara FPP mengadakan pula ekspedisi ke Puncak Mandala dan Puncak Yamin. Ekspedisi ini akan berlangsung selama 34 hari.

"Waktu 1991 (ekspedisi Wanadri pertama ke Puncak Mandala) masih ada. Tapi tidak full, terpencar-terpencar. Nah nggak tahu kalau sekarang ya," kata Dzaki, Jumat (2/3/2018).

Potret di Desa Mimin, Pegunungan BintangPotret di Desa Mimin, Pegunungan Bintang (Indonesia Mengajar)


Pada tahun 1991, Wanadri telah melakukan ekspedisi ke Puncak Mandala 4.760 mdpl, puncak tertinggi kedua di Indonesia. Wanadri merupakan tim Indonesia pertama yang berhasil mendaki Puncak Mandala.

Ekspedisi ke Puncak Mandala 1991Ekspedisi ke Puncak Mandala 1991 (Wanadri)


Pendakian Puncak Mandala dalam ekspedisi FPP dimulai dari titik awal di ketinggiang 1930 mdpl. Para pendaki yang terdiri dari 4 relawan, 5 pendaki Wanadri dan 2 basecom.

Lama pendakiannya sendiri diperkirakan sdelama 15 hari perjalanan. Rute yang akan ditempuh akan seperti ekspedisi pada tahun 1991 dan dimulai dari Desa Mimin di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Beginilah Keindahan Anambas

Minggu, 23 Sep 2018 16:20 WIB

Anambas, kepulauan tropis di wilayah barat daya Indonesia ini sangat indah dan menarik untuk di kunjungi. Panorama alamnya memukau!