Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Mar 2018 18:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Akhir Pekan di Cilegon, Foto-foto Dulu di Kampung Lukis Ini

Muhammad Iqbal
Redaksi Travel
Foto: Kampung Karya Lukis di Cilegon (Iqbal/detikTravel)
Foto: Kampung Karya Lukis di Cilegon (Iqbal/detikTravel)
Cilegon - Kampung warna warni sudah banyak ditemui, dari Malang hingga Tangerang. Cilegon pun tak mau kalah. Ada Kampung Lukis yang asyk dikunjungi akhir pekan ini.

Cilegon sebagai kota industri tak mau ketinggalan dengan tren warna warni penuh karya lukis. Terletak di Lingkungan Ramanuju Baru, RT 04, Citangkil, Kota Cilegon. Kampung Karya Lukis, begitu warga menyebutnya.

Kampung ini dipenuhi berbagai macam karya lukis mulai dari lukisan binatang hingga pepohonan. Tak ketinggalan lukisan bertema budaya juga ada di sana.

Awalnya Ramanuju hanya sebatas kampung biasa sebelum menjadi wilayah yang penuh karya lukis. Namun, sejak dua bulan lalu, kampung itu perlahan mulai dipenuhi lukisan, saat ini, sudah 50 rumah yang dilukis.

Akhir Pekan di Cilegon, Foto-foto Dulu di Kampung Lukis IniFoto: Muhammad Iqbal/detikTravel


Di Kampung Kreasi Lukis ini, berbagai macam spot swafoto menarik banyak didapati. Orang-orang yang berkunjung bisa memilih mulai dari binantang, panorama alam, hingga pesan-pesan kebersihan dan anti narkoba.

Penggagas Kampung Lukis Kreasi yang juga ketua RT sempat, Sarjoko mengungkapkan, awalnya terdapat pro kontra di kalangan masyarakat saat dirinya mulai mencetuskan ide itu ke warganya. Seiring berjalannya waktu, ide yang ia miliki terealisasi berkat banyaknya dukungan warga.

"Dari saya (idenya), ya yang indah saya suka pariwisata ke Bali, ke Ambon, jadi begitu ngelihat kampung orang-orang lain sering saya berpikir ke depan RT 04 ini lebih baik lagi," tutur Sarjoko kepada detikTravel, Jumat (23/3/2018).
Akhir Pekan di Cilegon, Foto-foto Dulu di Kampung Lukis IniFoto: Muhammad Iqbal/detikTravel


Berangkat dari ketertarikannya kepada pariwisata itu, Sarjoko menginisiasi agar kampungnya dapat dikunjungi banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan Ramanuju sebagai Kampung Kreasi Lukis.

Dari sekian banyak rumah yang dilukis, segala sesuatunya dilakukan secara gotong royong termasuk dana untuk membeli cat dan peralatan lukis. Tak ada campur tangan pemerintah untuk menjadikan Kampung Karya Lukis penuh warna warni.
Akhir Pekan di Cilegon, Foto-foto Dulu di Kampung Lukis IniFoto: Muhammad Iqbal/detikTravel


Nurul Anwar, seorang pelukis di kampung itu menyatakan, ia hanya seorang diri melukis 50 rumah tersebut. Tak ada kesulitan berarti yang ia temui saat menggoreskan cat kemudian berbuah gambar tersebut.

"Paling idenya tapi kita kadang-kadang musawarah ayo idenya apa, tempat selfie apa gitu yang enak buat selfie. Kalau kendala ngelukis nggak ada," kisahnya.

Anwar memang sudah terbiasa melukis di dinding-dinding sekolah TK dan SD, berangkat dari sana, hobinya tersalurkan dengan adanya Kampung Karya Lukis yang tak lain dirinya bermukim di sana. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Menikmati Pesona Karimunjawa

Selasa, 21 Agu 2018 13:10 WIB

Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau!

d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Tak Cukup Sekali ke Lovina

Selasa, 21 Agu 2018 11:05 WIB

Lovina punya segala pesona. Pantai di Bali ini punya sunset cantik, keramahan penduduk dan lumba-lumba di tengah lautan. Tak cukup sekali ke sana.