Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Mei 2018 08:27 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Wisata Baru di Ciamis, Asyik Buat Basah-basahan

Dadang Hermansyah
Redaksi Travel
Foto: Tempat wisata baru di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Foto: Tempat wisata baru di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Ciamis - Ada tempat wisata baru di Ciamis, namanya Wisata Cadas Ngampar. Suatu sungai yang bersih, penuh bebatuan besar dan asyik buat basah-basahan.

Wisata Cadas Ngampar di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, ini baru dibuka dan dikelola sekitar dua bulan kebelakang, oleh warga dan karang taruna setempat. Cadas Ngampar sangat cocok bagi wisatawan untuk mengisi liburan dan munggahan menjelang bulan Ramadan.

Cadas Ngampar merupakan sungai yang banyak memiliki hamparan batu di Sungai Cileueur. Istimewanya berbeda dengan beberapa sungai lain, batu yang ada berukuran besar, bahkan datar dan lebar sehingga bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Bisa menyimpan berbagai perlengkapan dan perbekalan.

Sungai tersebut merupakan hulu yang bersumber dari kaki gunung sawal. Air sungai terlihat sangat jernih dan enak dipandang mata juga memiliki sensasi segar.

Asyiknya basah-basahan di sini (Dadang Hermansyah/detikTravel)Asyiknya basah-basahan di sini (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Tempatnya yang berada di bawah kaki gunung sawal menambah keindahan dengan udara yang sejuk. Sekelilingnya hijau dengan pohon-pohon dan persawahan. Cadas Ngampar ini cocok untuk menghilangkan sejenak kesibukan dan beban pikiran. Jaraknya dari pusat kota Ciamis ke lokasi sekitar 8 kilometer.

Di Cadas Ngampar ini orang dewasa maupun anak-anak bisa berenang atau hanya sekedar bermain air. Beberapa titik di sungai itu ada beberapa kolam-kolam yang cukup dalam, sehingga bisa digunakan untuk berenang.

Anak-anak dan remaja yang berani, melompat pada tumpuan batu besar untuk melompat ke sungai. Ini menjadi sensasi tersendiri yang ingin memacu adrenalin. Jangan khawatir terbentur batu, karena lokasi di sungai itu cukup dalam.

Sungainya bersih (Dadang Hermansyah/detikTravel)Sungainya bersih (Dadang Hermansyah/detikTravel)


Setiap akhir pekan banyak pengunjung yang berdatangan. Namun sangat disayangkan di lokasi ini belum ada fasilitas umum. Untuk masuk ke lokasi wisata hanya dikenakan tarif Rp 3.000 per orang.

BACA JUGA: Kisah Kolam Ajaib di Ciamis

Dede Husno, salah seorang wisatawan asal Desa Cisadap mengarakan wisata alam Cadas Ngampar ini masih sangat alami dengan air jernih dan bersih. Ini bisa menjadi wisata alternatif yang murah meriah.

"Tapi sayang akses jalan menuju lokasinya perlu diperbaiki, untuk anak-anak cukup sedikit kesulitan. Kalau tempat wisatanya ini sangat bagus dan alami, cocok untuk wisata keluarga," ungkapnya saat ditemui di lokasi wisata Kamis (10/5/2018 kemarin).

Buat foto-foto juga asyik (Dadang Hermansyah/detikTravel)Buat foto-foto juga asyik (Dadang Hermansyah/detikTravel)


Dede berharap kedepannya lokasi wisata ini dikelola lebih serius oleh Pemerintah. Sehingga bisa menjadi lokasi wisata andalan yang mampu menghasilkan pendapatan daerah.

Wisatawan lainnya, Deni Hamdani mengatakan wisata Cadas Ngampar ini tidak kalah dengan daerah lain. Hanya saja perlu dikembangkan minimal memiliki fasilitas umum yang memadai, serta akses menuju lokasi diperbaiki.

"Ini perlu promosi supaya masyarakat dari luar Ciamis juga tahu, bahwa ada lokasi wisata alam yang masih alami," jelasnya.

Berminat liburan ke sini? (Dadang Hermansyah/detikTravel)Berminat liburan ke sini? (Dadang Hermansyah/detikTravel)
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED