Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Mei 2018 20:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai-pantai Cantik di Indonesia dan Mitos-mitosnya

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Pantai Seger di Lombok (Faela Shafa/detikTravel)
Pantai Seger di Lombok (Faela Shafa/detikTravel)
Yogyakarta - Banyak pantai cantik di Indonesia yang memiliki mitos beragam. Ada yang memiliki patung anak durhaka sampai bisa putus cinta.

Sebagai negara yang kaya dengan lautnya, negara tercibta Indonesia memiliki banyak pantai terkenal. Tidak dengan keindahannya saja, namun juga dengan cerita-cerita mitos dan legenda yang mengitarinya.

Dikumpulkan detikTravel, Jumat (11/5/2018) beberapa pantai cantik ini tidak hanya tekenal dengan keindahan dan pasir putihnya saja. Namun juga ada mitos dan legenda yang mengirinya keindahannya. Apa saja ya?

1. Pantai Air Manis dan Malin Kundang

Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang (Hesti/detikTravel)Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang (Hesti/detikTravel)


Pantai Air Manis merupakan pantai yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Selain indah, pantai ini memiliki cerita legenda anak durhaka Malin Kundang.

Di pantai in iterdapat batu yang menyerupai manusia yang sedang bersujud. Konon ini adalah Malin Kukndang, anak durhaka yang dikutuk oleh ibunya mennjadi batu. Selain itu, batu ini juga disebut Batu Menangis lantaran sering mengeluarkan air mata.

Di dekat batu tersebut, terdapat batu berwujud aneka benda seperti tong dan tali berukuran besar. Konon, itu adalah peninggalan kapal kepunyaan Malin yang ikut membatu. Anda boleh berfoto sepuasnya di tempat ini, sambil mengingat kembali legenda Malin Kundang yang punya pesan moral itu.

2. Pantai Kejawan dan Penyakit Stroke

(Fitraya/detikTravel)(Fitraya/detikTravel)


Pantai Kejawanan yang berada di Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, juga disakralkan oleh banyak orang. Konon air pantai ini bisa menyembuhkan beragam penyakit berat.

Bahkan beberapa tahun lalu orang-orang dari berbagai daerah sengaja datang ke tempat tersebut hanya untuk mandi atau mengambil air laut untuk diminum. Konon air di pantai tersebut bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan sampai parah.

3. Pantai Semeti dan aroma mistis

(Pradikta Kusuma/d'traveler)(Pradikta Kusuma/d'traveler)


Pantai Semeti merupakan pantai nan teduh yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ternyata dibalik keindahannya pantai ini punya cerita mistis.

Dulunya ditahun 2000 ada turis yang sedang bermain di tepi pantai yang tiba-tiba tersedot ke tengah laut. Warga sekitarpun menolongya dengan sesajen dan tembakau, akrena dipercaya in iberhubungan dengan hal ghaib. Turis pun kemudian dikeluarkan dari laut dan sayangnya sudah dalam tidak bernyawa.

Kemudiam warga sekitar menghimbau keapda para turis yang berkunjung untuk saling menjaga dan menghormati leluhur desa dan menjaga tingkah laku.

4. Pantai Parangtritis dan legenda Ratu Pantai Selatan

(Yulia Hasanah/d'traveler)(Yulia Hasanah/d'traveler)


Pantai Parangtritis di Yogyakarta tidak hanya cantik, namun juga dikenal sebagai tempatnya penguasa laut selatan, Nyai Roro Kidul. Sebagian orang percaya bahwa pengunjung dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau saat berada di pantai ini. Kisahnya, mereka yang memakai baju hijau akan menjadi sasaran Nyai Roro Kidul untuk dijadikan pelayannya.

Tidak hanya Pantai Parangtritis yang berhubungan dengan Nyai Roro Kidul. Juga ada Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Pantai Sembukan di Jawa Tengah, dan Pantai Pangandaran di Bandung.

5. Pantai Seger dan Putri Mandalika

(Pradikta Kusuma/d'traveler)(Pradikta Kusuma/d'traveler)


Pantai Seger di Lombok merupakan pantai berpasir putih yang punya cerita pilu. Alkisah, di Lombok hidup seorang putri cantik jelita bernama Putri Mandalika.

Banyak pangeran dan raja-raja yang ingin mempersuntingnya. Namun karena tidak ingin perang timbul dan memakan banyak korban akibat menjatuhkan pilihan, Putri Mandalika memilih untuk terjun ke laut dan mengakhiri hidup.

Begitulah kurang lebih kisah Putri Mandalika dari Lombok, yang konon akhirnya berubah wujud menjadi cacing Nyale. Terinspirasi dari kecantikan Putri Mandalika, kawasan yang konon menjadi lokasi terjunnya putri cantik itu, kini dinamakan Kawasan Mandalika. (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Saat Gunung Fuji Dilanda Macet

Kamis, 16 Agu 2018 21:28 WIB

Kemacetan bisa muncul juga di Gunung Fuji, Jepang. Bedanya kalau Gunung Fuji, bukan dipenuhi antrean mobil dan motor, melainkan manusia.