Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Mei 2018 18:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Obati Rindu dengan Tanah Suci, Mampirlah ke Masjid Kakbah

Ibnu Munsir
Redaksi Travel
Masjid Kakbah di Makassar untuk mengobati rindu dengan tanah suci (Ibnu Munsir/detikTravel)
Masjid Kakbah di Makassar untuk mengobati rindu dengan tanah suci (Ibnu Munsir/detikTravel)
Makassar - Berkunjung ke Tanah Suci jadi impian setiap muslim di berbagai penjuru dunia. Untuk mengobati rasa rindu dengan Tanah Suci, mampirlah ke Masjid Kakbah ini.

Untuk mengobati rasa rindu ke Baitullah, sebuah masjid di Makassar, Sulawesi Selatan berkonsep menyerupai bangun Kakbah. Masjid ini diberi nama Masjid Al Fatih Al Anshar. Lokasinya berada di Jalan Paccinang Raya, Kelurahan Tallo, Kecamatan Panakukang Makassar, Sulawesi Selatan.

Masjid berkonsep Kakbah ini dilengkapi lafaz Allah yang ada di dindingnya. Tak ketinggalan sebuah hajar aswad juga nampak menempel di sudut bangunan Masjid Kakbah jadi keunikan tersendiri.

Tak heran banyak warga sekitar hingga dari luar Makassar yang datang beribadah sekaligus untuk berfoto dan berselfie bersama mengobati kerinduan ke Kakbah.

Masjid Kakbah atau Masjid Al Fatih Al Anshar ini diambil dari nama cucu pendiri Masjid Kakbah yakni Mustamin Anshor. Masjid ini dibangun pada 2015 lalu, saat Mustamin Anshor mendapat hidayah atau bisikan untuk mendirikan bangunan masjid sudut Kakbah di Makassar, saat menunaikan haji di Tanah Suci.

Imam Masjid Kakbah, Wahyu Bastany Al Banjari (Ibnu Munsir/detikTravel)Imam Masjid Kakbah, Wahyu Bastany Al Banjari (Ibnu Munsir/detikTravel)

"Jadi ini konsepnya bangunan Kakbah ya atau sudut Kakbah, karena saat itu pendiri masjid ini selalu mendapat bisikan untuk mendirikan Masjid Kakbah di Makassar, dan akhirnya dibangunlah Masjid Kakbah," kata Imam Masjid Kakbah, Wahyu Bastany Al Banjari saat ditemui detikTravel, Jumat (25/5/2018).

Masjid Kakbah ini berdiri di area seluas 600 meter. Ukuran masjid lebarnya 9 meter dan panjang 17 meter, serta tinggi 12 meter diambil karena memiliki makna tersendiri.

"Angka 9 merupakan angka penangalan Arab didirikanya bangunan Masjid yakni pada 9 September 2015. Angka 17 merupakan angkat sholat 5 waktu yang memiliki 17 rakaat. Sementara 12 meter tinggi bangunan dari Kakbah diambil lantaran terdapat 5 rukun islam dan 6 rukun iman dan 1 merupakan Allah," jelasnya.

Keunikan lain Masjid Kakbah ini, jika masuk ke dalam, terdapat ornamen klasik mengabungkan unsur modern. Di dinding masjid lantai 1 terdapat sejumlah lafadz Allah dengan tulisan Arab.

Ornamen kayu besi yang didatangkan dari Kalimantan (Ibnu Munsir/detikTravel)Ornamen kayu besi yang didatangkan dari Kalimantan (Ibnu Munsir/detikTravel)

Sementara di lantai 2 Masjid Kakbah, terdapat ornamen kayu besi yang didatangkan dari Kalimantan. Ornamen ini berbentuk pohon yang dihiasi 99 nama Allah pada setiap daun pohon dan telah menempel di dinding masjid.

Sementara itu, seorang mahasiswa UIN Alauddin Makassar, Afid mengatakan kedatangan selain untuk salat juga untuk melihat langsung Masjid Kakbah, yang ramai dibicarakan.

"Saya mau liat langsung juga, ya paling tidak mengobati kerinduan ke Baitullah, sekaligus berdoa semoga bisa injakkan kaki ke sana," kata Afid.

Masjid Kakbah inipun menjadi destinasi wisata religi selama ramadhan bagi warga Sulawesi Selatan, khususnya Makassar. Jika ingin berkunjung dan beribadah ke Masjid ini, tentu mudah, lantaran berada di pinggir jalan tepat tak jauh dari bangunan eks Tugu Adipura Makassar.



Intip uniknya Masjid Kakbah Makassar lewat video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED