Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Jun 2018 22:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ritual Ma'nene: Bukti Cinta Sampai Mati Orang Toraja

Bona
detikTravel
Ritual Manene (Herson/Istimewa)
Ritual Ma'nene (Herson/Istimewa)
Toraja Utara - Toraja memang identik dengan ritual penggantian baju orang mati, Ma'nene. Inilah ritual yang membuktikan cinta dan penghormatan anak kepada orangtua.

Ritual Ma'nene menjadi tradisi yang begitu penting bagi orang Toraja. Pada tanggal 11-12 Juni 2018 ini, di Buntu Pu'ne, Kecamatan Kesu, Toraja Utara sedang dilakukan ritual Ma'nene.

"Dalam upacara ini dilakukan pembersihan kuburan atau patane oleh keluarga dan masyarakat," ujar Herson, warga Buntu Pu'ne kepada detikTravel, Selasa (12/6/2018).

Semua peti yang ada di pemakaman akan dikeluarkan oleh keluarga. Peti-peti ini akan dibersihkan satu persatu. Namun tak semua peti akan diganti lho!

Peti yang dikeluarkan (Herson/Istimewa)Peti yang dikeluarkan (Herson/Istimewa)


Jika makam tersebut masih baru dan petinya belum hancur maka ritual Ma'nene tidak berlaku. Penggantian baju dan peti ini hanya akan dilakukan untuk orangtua atau leluhur.

"Ritual ini biasanya 3 tahun sekali tapi kadang disesuaikan dengan kesepakatan keluarga, karena banyak yang berada di luar Toraja," cerita Herson.

BACA JUGA: Bukan di China, Ini Jembatan Kaca Punya Toraja

Namun Buntu Pu'ne tidak melakukan pergantian baju. Karena kebanyakan adalah makam orangtua dan leluhur yang hanya tinggal kerangkanya saja.

Penggantian patung atau replika alm leluhur (Herson/Istimewa)Penggantian patung atau replika almarhum leluhur (Herson/Istimewa)


Maka keluarga akan mengeluarkan tulang belulang dari peti dan menyatukannya dalam selembar kain. Kemudian tulang tulang tersebut akan dimasukkan ke dalam peti baru.

Seluruh warga Buntu Pu'ne yang memiliki makam leluhur di sini hadir dan ikut dalam tradisi ini. Sebelum penggantian peti dan baju, warga melakukan pemotongan babi sebagai tanda ucap syukur.

Tulang belulang yang dibersihkan (Herson/Istimewa)Tulang belulang yang dibersihkan (Herson/Istimewa)


"Acara berlangsung mulai pukul 08.00 Wita sampai sore hari. Tapi ada keluarga yang tetap tinggal (sampai besok) karena beberapa peti belum dimasukkan," kata Herson.

Selain makam, baju-baju dari patung atau replika alm dari leluhur juga diganti dan dibersihkan. Salah satunya adalah pejuang Toraja, Pong Maramba.

Ma'nene sudah menjadi tradisi leluhur yang tetap dilakukan orang Toraja sejak dulu kala. Buat mereka, ini adalah tanda bakti, cinta dan penghormatan kepada orangtua walaupun mereka sudah meninggal.



Tonton juga 'Begini Ritual Mengganti Baju dan Peti Mayat di Buntu Pune Toraja':

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED