Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Jun 2018 21:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik ke Sumedang, Ada Hutan Pinus Secantik Ini

Dony Indra Ramadhan
Redaksi Travel
Kampoeng Ciherang (Dony Indra Ramadhan/detikTravel)
Kampoeng Ciherang (Dony Indra Ramadhan/detikTravel)
Sumedang - Deretan pohon pinus menyambut para pengunjung ke salah satu tempat wisata di Sumedang, Jawa Barat ini. Sungguh sejuk dan indah, kalau lagi mudik ke sana, mampir ya!

'Kampoeng Ciherang', begitulah tempat ini disebut. Lokasinya berada di puncak gunung di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jabar.

Tempat wisata alam ini memang berada cukup jauh dari Jalan raya Jatinangor-Sumedang. Total sekitar 15 kilometer atau 90 menit perjalanan menggunakan kendaraan menuju ke tempat ini.

Untuk mencapai lokasi ini pun tak mudah. Wisatawan harus menempuh perjalanan dengan kondisi jalan sempit dan rusak. Namun tak perlu khawatir, selama perjalanan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan bukit dan persawahan.

Mudik ke Sumedang, Ada Hutan Pinus Secantik Ini(Dony Indra Ramadhan/detikTravel)


Kampoeng Ciherang merupakan tempat wisata alternatif murah yang bisa dikunjungi. Harga masuk yang terjangkau sebesar Rp 35 ribu per-orang, wisatawan akan puas menikmati suasana sejuk alam sekaligus mencoba aneka wahana yang disediakan.

Ada beragam jenis wahana bermain alam yang disediakan di wana wisata Kampoeng Ciherang ini. Wahana yang disediakan di antaranya outbond bagi dewasa dan anak, permainan perahu, permainan panah, flying fox, kolam renang hingga yang paling ramai sepeda gantung. Pengunjung tak perlu membayar lagi untuk menikmati wahana-wahana tersebut.

Selain aneka wahana bermain, pengunjung juga bisa menikmati suasana kesejukan alam. Pengunjung bisa menggelar tikar sambil makan bersama atau botram bersama keluarga. Atau, pengunjung bisa menyewa hammock seharga Rp 20 ribu sepuasnya.

Pada lebaran hari kedu kemarin, Sabtu (16/6), Kampoeng Ciherang dipadati pengunjung. Mereka datang dari daerah Bandung maupun luar Kota Bandung. Beragam aktivitas dilakukan wisatawan dari di wana wisata ini.

BACA JUGA: Mudik ke Surabaya, Sekalian Liburan ke Tempat Wisatanya

Salah seorang pengunjung, Wulandari (28) mengaku baru pertama kali datang ke wana wisata ini. Warga Kota Bandung ini mengetahui tempat ini melalui penelusuran di internet.

"Sama keluarga memang rencana mau main. Terus lihat-lihat di internet, ternyata nemu informasi tentang tempat ini. Lokasinya juga deket dari Bandung ya sudah akhirny memilih ke sini," ucapnya saat berbincang dengan detikTravel.

Mudik ke Sumedang, Ada Hutan Pinus Secantik Ini(Dony Indra Ramadhan/detikTravel)


Wulan sapaannya mengaku puas setelah seharian bermain. Selain harga yang terjangkau, dirinya juga suka dengan nuansa alam yang tersaji.

"Senang sekali, tempatnya bagus, bersih juga. Anak-anak juga senang kelihatannya sudah main beberapa wahana," katanya.

Gunakan Lahan Perhutani

Kampoeng Ciherang termasuk salah satu tempat wisata baru di Kabupaten Sumedang. Usianya baru dua tahun beroperasi sejak dibuka tahun 2016.

"Ini termasuk baru sih tempatnya. Tahun 2016 baru dibuka," ucap Rizal Afifudin, salah seorang pemandu saat berbincang dengan detikTravel.

BACA JUGA: Mudik Mewah! Naik Kereta Api Sleeper

Wana wisata ini memanfaatkan lahan milik Perhutani. Dari total 12 hektare yang disiapkan, baru terpakai 5,8 hektare untuk tempat wisata.

"Pengelolaannya sama orang lain. Tapi kerja sama dengan perhutani setahu saya. Ini masih pengembangan-pengembangan buat menambah lahan dan wahana ke depannya," tutur dia. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED