Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Jul 2018 16:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Konon, Inilah Kampung Tertua di Jakarta

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi peta Batavia tahun 1826 (Randy/detikTravel)
Jakarta - Sejak tembok Batavia berdiri pada tahun 1650, telah muncul kampung di area luar benteng. Konon, inilah kampung tertua yang ada di Jakarta.

Keberadaan kampung atau pemukiman telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah Kota Jakarta yang multi etnis dan multi budaya.

Sebelum berkembang seperti sekarang, dahulu Batavia terpusat di dalam tembok. Apabila kaum penjajah tinggal di dalam tembok, maka lain halnya dengan penduduk pribumi Indonesia yang menempati pemukiman di luar tembok.

BACA JUGA: Nama Kampung di Jakarta, Ternyata Menyimpan Cerita dan Rahasia

Sejarah itu pun dibahas oleh Arkeolog Universitas Indonesia, Candrian Attahiyyat dalam diskusi Pameran Toponomi 'Wall of Frame' Sejarah Betawi di Gedung NAS, Pasar Seni Ancol, Jakarta, Minggu kemarin (1/8/2018).

Sambil berpikir, Candrian menatap peta biru Batavia tahun 1826 yang tertempel di tembok. Tak berapa lama, ia menunjuk satu titik di luar tembok Batavia yang disebutnya sebagai kampung tertua di Jakarta.

"Kalau kita tertua ada kampung sebelah Kota Batavia, Kampung Muka karena di muka dan Kampung Tangki," ujar Candrian.

Dalam perjalanannya, Kampung Muka di Kelurahan Pademangan telah berubah menjadi kawasan pergudangan. Namun, tak sedikit juga warga yang masih tinggal di sana.

Sedangkan untuk Kampung Tangki, kini telah bertransformasi jadi kawasan Mangga Besar yang dahulu populer lewat Taman Hiburan Rakyat Lokasari.

Candrian, arkeolog UI (Randy/detikTravel)Candrian, arkeolog UI (Randy/detikTravel)

Tonton juga video: 'Menemukan Masjid Tertua di Pusat Kota Moskow'




Menariknya, Kampung Tangki ini juga sempat dijuluki Tangkiwood oleh almarhum pelawak Bing Slamet yang dulu tinggal di sana. Almarhum menamainya demikian, mengingat banyak artis yang berasal dari kampung itu dulu.

"Kemudian Tangki itu sempat berubah, karena semua selebritis jadi Tangkiwood tahun 40-60-an ada di situ. Contohnya Laila Sari," ujar Candrian.

Ya, siapa yang tidak mengenal almarhum Laila Sari atau akrab disapa Mak Laila. Wanita kelahiran Padang Panjang, Sumatera Barat, itu telah memerankan 26 judul film layar lebar dari tahun 1995.

Selain almarhum Laila Sari dan Bing Slamet, Pak Item atau Tan Tjen Bok, Ibu Supi, Fifi Young, H Misbach Jusa Biran, Mak Wok, Netty Herawati, Eddy Sud, Ateng, Iskak hingga musisi senior Idris Sardi juga lahir dan dibesarkan di Tangkiwood.

Sedangkan menurut catatan sejarawan Alwi Shibab, Kampung Luar Batang juga masuk sebagai salah satu yang tertua di Jakarta. Diperkirakan kalau pemukiman itu telah ada sejak tahun 1630-an saat Jakarta masih bernama Jayakarta.

Hanya seiring perkembangan zaman, kampung-kampung tersebut kini lebih dikenal sebagai kawasan perkampungan padat yang lekat dengan kemiskinan dan sumpek. Namun, tempat itulah cikal bakal dari Jakarta sekarang ini.


Konon, Inilah Kampung Tertua di Jakarta
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA