Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Jul 2018 18:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Foto-foto Seru di Museum MACAN, Mumpung Masih Bisa

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Infinity Room yang viral di Museum MACAN (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Infinity Room yang viral di Museum MACAN (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Jakarta - Museum MACAN di Jakarta, lagi populer banget untuk wisatawan dengan instalasi seni yang fotogenik. Sempatkan ke sana, karena tinggal 2 bulan lagi.

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) menjadi museum yang paling populer di Jakarta. Ratusan turis berbondong-bondong datang setiap hari. Ini lantaran instalasi seninya yang fotogenik, kekinian dan instagrammable bertajuk 'Life is The Heart of Rainbow'.

Aneka barang seni bertema polkadot warna-warni ini jadi favorit turis milenial dan viral banget di Instagram. Padahal, ini adalah karya seniman yang sudah senior dari Jepang bernama Yayoi Kusama.

Pameran Yayoi Kusama cuma sampai tanggal 9 September 2018. Tinggal dua bulan lagi lho. Jadi kalau ada waktu, Museum MACAN bisa jadi destinasi akhir pekan Anda bersama teman dan keluarga, mumpung masih ada dan belum pindah ke luar negeri.

Museum MACAN menampilkan karya Kusama sejak tahun 1940-an sampai sekarang. 70 Tahun masa berkarya seniman eksentrik ini dipajang di Museum MACAN lantai M.

Foto-foto Seru di Museum MACAN, Mumpung Masih BisaWisatawan di Narcissus Garden, Museum MACAN (Fitraya/detikTravel)


Tonton juga video: 'Karya Yayoi Kusama di Museum Macan Kabarnya Dirusak, Benarkah?'




Nggak terlalu mengerti seni, ya tidak masalah. Karya Kusama bisa dinikmati anak milenial karena bentuk unik, warna-warni dan fotogenik. Tapi kalau mau menyelami karyanya dengan serius juga bisa. Kapan lagi menikmati karya seniman yang inspirasinya adalah halusinasi dia sendiri.

Saat detikTravel berkunjung akhir pekan lalu, siap-siap dengan antrean panjang. Karyanya yang viral di Instagram menjadi buruan untuk spot foto wisatawan.

Di bagian awal, turis disambut karyanya Great Gigantic Pumpkin (2013) dan Dots Obsession (2009) untuk mengantar pada tema bintik dan bulatan sepanjang pameran. Dari sini saja sudah mulai antrean fotonya.


Masuk ke dalam, kita bisa melihat karya awalnya dari tahun 1940-an untuk peminat seni yang serius. Karena anak-anak muda langsung berebut foto di bola-bola baja mengkilat Narcissus Garden (1966/2002). Kusama seperti sudah menebak jiwa manusia yang pada dasarnya narsis.

Ada juga ruang khusus orang dewasa karena ada foto yang kurang cocok dilihat anak-anak bertajuk Body and Performance. Ini dari masa Kusama di Amerika Serikat tahun 1960-an-1970-an.

Foto-foto Seru di Museum MACAN, Mumpung Masih BisaInstalasi seni yang unik karya Yayoi Kusama (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Kembali ke Jepang tahun 1973, Kusama membuat karya bertema polkadot, bunga dan labu seperti Pollen (1986). Salah satu masterpiecenya The Spirit of The Pumpkins Descended Into The Heaven (2015) adalah ruang intip cermin menimbulkan sensasi tanpa batas. Cuma boleh sebentar saja di sini.

Karya yang kekinian bertajuk Love Forever, berupa serial lukisan monokrom dengan gaya anak-anak. Di sini juga ada kotak intip I Want to Love on a Festival Night (2017) yang keren, namun tidak terlalu antre.

Kemudian kita masuk ke karya Kusama yang paling baru dan paling ditunggu penggemar sejatinya yaitu My Eternal Soul, serial lukisan dari 2009 sampai sekarang dan masih terus dikerjakan. Ada juga instalasi seni video berjudul Manhattan Suicide Addict dimana Kusama menyanyi lagu yang liriknya stress dan depresi betul, mewakili kondisi kejiwaan dia.

Barulah di ujung adalah masterpiece dia yang diantre ratusan orang. 1 Jam lebih menunggu antrean untuk masuk ke kotak kaca bertajuk Infinity Mirrored Room - Brilliance of The Souls (2014). Inilah mahakarya dia yang paling disukai wisatawan dan foto-fotonya paling viral. Antrenya lama dan cuma boleh ada 30 detik di dalamnya.

Foto-foto Seru di Museum MACAN, Mumpung Masih BisaObliteration Room yang interaktif (Fitraya/detikTravel)
Sebagai penutup, pengunjung bisa naik ke lantai 6 menuju The Obliteration Room (2002). Ini adalah instalasi seni interaktif dimana Kusama mengajak pengunjung menempelkan stiker polkadot warna-warni di ruang keluarga yang serba putih. Ruang ini sangat seru buat pengunjung anak-anak. Tapi kita hanya boleh ada di sini selama 5 menit saja.

"Senang berkunjung ke Museum MACAN, berasa di dunia Alice in Wonderland, jadi tidak membosankan dan penasaran. Hanya saja pengunjung terlalu padat sehingga kurang puas terburu-buru karena antrean panjang dan diberi batas waktu yang sempit," kata Tifanny Ranggawuni (40), wisatawan dari Bandung yang datang dengan keluarganya.


Museum MACAN menjadi destinasi yang sangat unik, populer dan menarik, mumpung ada pameran Yayoi Kusama di sana. Nikmatilah selama masih ada waktu sampai 9 September 2018.

Museum MACAN ada di AKR Tower, Jl Perjuangan, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Tiket masuk pameran Yayoi Kusama harganya Rp 100.000 untuk dewasa dan Rp 80.000 untuk anak-anak. Pengunjung hanya boleh membawa ponsel, semua barang bawaan lainnya ditaruh di loker.


Foto-foto Seru di Museum MACAN, Mumpung Masih Bisa
(fay/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED