Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Jul 2018 19:27 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Waduh, Ada Batu Unik Mirip Kelamin Pria di Cirebon

Sudirman Wamad
detikTravel
Foto: Batu kelamin pria di Cirebon (Sudirman Wamad/detikTravel)
Foto: Batu kelamin pria di Cirebon (Sudirman Wamad/detikTravel)
Cirebon - Melancong ke Cirebon, ada batu unik yang bikin traveler geleng-geleng kepala. Bentuknya seperti kelamin pria!

Situs yang unik salah satunya Situs Batu Lingga. Situs tersebut berbentuk seperti alat kelamin pria. Orang Cirebon sendiri biasanya menyebut situs tersebut dengan sebutan Situs Watu Celek, karena bentuknya yang mirip kelamin pria. Tinggi Situs Watu Celek sekitar 50 sentimeter.

Lokasi situs ini berada di Jalan Siliwangi, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Berada di tempat kuliner Pedagang Kaki lima (PKL) Jalan Siliwangi, yang berada di depan Pasar Kramat Kota Cirebon.

Situs Batu Lingga atau Watu Celek itu berada di dalam bangunan persegi yang ukurannya sekitar 2x2 meter persegi. Bangunannya berwarna oranye. Selain Watu Celek, dalam bangunan itu terdapat Makam Ki Datuk Pardun.


Tonton juga video: 'Ew! Lipstik Ini Berbentuk Alat Kelamin Pria'

[Gambas:Video 20detik]


Di bangunan tersebut ada papan nama yang menyebutkan bahwa Ki Datuk Pardun merupakan murid dari Syekh Siti Jenar zaman panembahan ratu. Filolog Cirebon Raden Oppan Raffan Hasyim menyebutkan sejarah tentang Situs Watu Celek dan Makam Kit Datuk Pardun memiliki keterikatan.

Waduh, Ada Batu Unik Mirip Kelamin Pria di Cirebon
Watu celek (Sudirman Wamad/detikTravel)


Namun, lanjut Oppan, sejarah tentang keduanya hanya ada dalam satu manuskrip yakni tentang Sejarah Akhir Cirebon. Menurut Oppan Situs Watu Celek merupakan sindiran terhadap Ki Datuk Pardun.

"Dalam manuskrip itu tak ada tahun penulisannya. Datuk Pardun disebutkan sebagai cucu dari Syekh Siti Jenar. Dia (Datuk Pardun) memiliki hasrat yang besar untuk berkuasa, seperti kakeknya," kata Oppan saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (8/7/2018).

Kabar yang beredar dikalangan masyarakat bahwa Watu Celek merupakan peninggalan Arya Wira Celek. Namun, Oppan tak sependapat dengan itu. Menurut Oppan Situs Watu Celek dibuat di zaman Panembahan Ratu, yakni sekitar akhir tahun 1590.

"Sekitar akhir tahun 1590-an, tepatnya di era Panembahan Ratu. Sesuai dengan papan penjelasan yang ada di situs. Itu sesuai manuskrip Sejarah Akhir Cirebon," ucapnya.


Waduh, Ada Batu Unik Mirip Kelamin Pria di Cirebon
(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED