Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Agu 2018 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Destinasi Horor di Indonesia, Berani Berkunjung?

Syanti Mustika
detikTravel
Hutan Alas Purwo yang punya cerita seram (Afif/detikTravel)
Hutan Alas Purwo yang punya cerita seram (Afif/detikTravel)
Jakarta - Banyak destinasi wisata di Indonesia yang mempunyai cerita seram. Berikut 5 tempat menakjubkan di Indonesia tapi ada cerita horornya.

Dikumpulkan detikTravel, Jumat (3/8/2019) beberapa destinasi di Indonesia tidak hanya teeknal dengan keindahannya saja. Namun juga terdapat cerita dan hal-hal mistis yang mengitarinya. Dimana saja ya?

1. Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu di malam hari (Fadil/d'Traveler)Lawang Sewu di malam hari (Fadil/d'Traveler) Foto: undefined


Lawang Sewu telah menjadi ikon wisatanya Semarang. Ramai wisatawan berkunjung dan berburu foto di bangunan peninggalan Belanda ini.

Lawang Sewu dulu kerap dijadikan lokasi uji nyali karena hal-hal horor di sana. Diyakini sekali sering ada penampakan noni Belanda hingga kuntilanak. Juga terdaapt beberapa bagian kawasan Lawang Sewu yang tidak dibuka untuk umum alias tidak boleh dikunjungi.

Tapi itu dulu ya, Lawang Sewu sekarang sudah dipermak maksimal menjadi lebih terang dan lebih indah. Citra horor dibuang jauh-jauh.

2. Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi

Destinasi Horor di Indonesia, Berani Berkunjung?Foto: undefined


Taman Nasional Alas Purwo berada di ujungg tenggara Pulau Jawa, Banyuwangi. Konon hutan di kawasan ini dikenal sebagai tempat berkumpulnya mahluk halus.

Menurut warga sekitar, percaya tidak percaya di sana merupakan pintu gerbang utama makhluk astral. Kalau ada yang niat macam-macam, jangan harap bisa kembali dengan selamat ke rumah. Begitu cerita mitos di Taman Nasional Alas Purwo ini.

Hutan di Alas Purwo menurut ceritanya sudah sering dijadikan tempat mencari ilmu pesugihan. Pada malam satu suro, banyak yang berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo untuk memuja. Jadi jangan pernah masuk ke hutan ini tanpa pendamping ya traveler.

3. Gunung Kawi, Malang

Destinasi Horor di Indonesia, Berani Berkunjung?Foto: undefined


Gunung Kawi sering dikunjungi untuk berziarah. Karena di sini terdapat makam Eyang Jugo Kyai Zakaria dan Eyang Raden Mas Iman Sujono. Selain untuk ziarah, pengunjung juga datang untuk berdoa mengharapkan berkah melalui Eyang. Juga ada ritual setiap 1 Suro dan 12 Suro.

Selain itu juga Gunung Kawi dikenal sebagai tempat persugihan dan seserahan tumbal. Biasanya yang melakukan ini adalah orang yang ingin mendapatkan kesenangan secara instan. Percaya tidak percaya, itulah cerita mitos yang menyelimuti Gunung Kawi.

4. Museum Fatahillah

Destinasi Horor di Indonesia, Berani Berkunjung?Foto: undefined


Museum yang berada di Kota Tua Jakarta ini memiliki banyak peninggalan Belanda, seperti beberapa perabotan, meja, kursi dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tidak sedikit cerita-cerita mistis yang sangat terkenal dan mencekam di Museum Fatahillah.

Salah satunya adalah penjara bawah tanah yang terkenal sebagai tempat menghukum para pribumi. Konon, mereka ditawan dengan cara yang sadis dan banyak para tahanan yang mati di penjara bawah tanah. Tak heran, bagi sebagian orang yang datang ke Museum fatahillah pada malam hari, akan mendengar suara rintihan dan jeritan.

Tidak hanya itu, di salah satu ruangan terdapat pedang yang digunakan untuk menghukum mati para tahanan. Pedang tersebut cukup panjang dan besar, kabarnya darah para tahanan yang ada di pedang tersebut tidak dicuci dan dibiarkan begitu saja. Museum ini juga memiliki ruangan-ruangan rahasia dan menambah misteri serta mistis yang tersembunyi.

5. Kawasan Pantai Selatan

Destinasi Horor di Indonesia, Berani Berkunjung?Foto: undefined


Banya pantai cantik yang berada di Pantai Selatan seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Pantai Parangtritis, dan masih banyak lagi. Tahukah traveler tentang pantangan untuk tidak memakai baju hijau di kawasan Pantai Selatan? Ya, jika Anda memakai baju hijau, maka konon Anda akan diculik oleh Ratu Kidul dan jinnya.

Ratu Kidul dan para jinnya bersemayam di kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa. Tak heran, bayak larangan yang akan Anda temukan seperti tidak berkata kasar, menjaga kebersihan, dan tidak ke pantai saat malam hari atau maghrib tiba di sekitar kawasan Pantai Selatan.

Serta juga banyak juga orang yang mengaku telah bertemu dan bertamu di kerajaan Ratu Kidul di laut selatan. Selain itu, kawasan Pantai Selatan Jawa kerap dijadikan untuk tempat bertapa.

(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED