Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Agu 2018 08:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Waduk Saguling, Wisata Alternatif Selain Lembang

Wisma Putra
detikTravel
Foto: Wisata Waduk Saguling di Bandung Barat (Wisma Putra/detikTravel)
Foto: Wisata Waduk Saguling di Bandung Barat (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung - Tak melulu Lembang, masih banyak destinasi wisata menarik yang bisa traveler kunjungi di sekitar Bandung Barat. Misalnya saja Waduk Saguling.

Waduk Saguling adalah danau buatan untuk pembangkit listrik yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Ini menjadi objek wisata alternatif di Bandung Barat selain Lembang.

Waduk Saguling menjadi objek wisata primadona baru setelah Waduk Cirata Cianjur dan Waduk Jatiluhur Purwakarta. Setiap akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, salah satunya dengan naik perahu mengitari genangan Waduk Saguling.

Akhir pekan kemarin detikTravel sempat mengitari Waduk Saguling dengan menaiki perahu yang disewakan oleh warga. Sejauh mata memandang, saat menaiki perahu dan mengitari genangan Waduk Saguling, kita dapat melihat gunung-gunung yang menjulang tinggi dan mengelilingi Waduk Saguling.

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)
Karena Waduk Saguling sangat luas, maka digunakan oleh para petani tambak ikan apung untuk membudidayakan beragam jenis ikan tawar. Selain dapat menyaksikan pemandangannya, kita juga dapat membeli ikan yang dijual di tambak ikan apung tersebut.

"Baru kali ini saya berwisata ke sini," kata Rustandi (45) pengunjung asal Soreang Bandung.

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)
Rustandi mengungkapkan, genangan Waduk Saguling memiliki potensi wisata yang tinggi, bahkan dapat menyaingi Lembang yang terlebih dahulu dikenal oleh wisatawan.

"Genangan Waduk Saguling kalau dikelola dengan baik bisa mengalahkan Lembang. Jarang dong objek wisata air di Bandung Barat," ujar Rustandi.

BACA JUGA: Bandung Rasa Eropa

Wisatawan lainnya, Raden Dani (50) menuturkan, genangan Waduk Saguling bisa menjadi objek wisata alternatif setelah Lembang.

"Kalau Lembang kan sudah biasa wisata alam. Di sini kita bisa berwisata air. Apalagi sekarang-sekarang kalau mau ke Lembang suka macet, kalau ke sini enak tinggal keluar Tol Soroja terus ambil arah ke Cililin," pungkasnya. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED