Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Agu 2018 23:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cerita Mistis dari Gunung Dukuh Ciamis

Dadang Hermansyah
Redaksi Travel
Foto: Rimbunnya hutan Gunung Dukuh Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Foto: Rimbunnya hutan Gunung Dukuh Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Ciamis - Ada cerita mistis dari Gunung Dukuh Ciamis. Bila membawa ranting dari hutan ini, akan ada mahluk yang mengunjungi meminta ranting itu dikembalikan. Hii!

Warga di Desa Jagabaya, Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tak berani untuk memanfaatkan hasil hutan Gunung Dukuh yang ada di wilayahnya. Bahkan hanya ranting untuk kayu bakar sekalipun.

Konon, setiap kali ada warga yang memaksa mengambil ranting pohon untuk kayu bakar, pada malam harinya akan didatangi sosok mahluk halus berwujud harimau (lodaya). Lalu meminta orang tersebut mengembalikan apa yang diambilnya di hutan. Percaya atau tidak mitos ini sudah ada sejak lama dan turun temurun.

Cerita Mistis dari Gunung Dukuh CiamisFoto: (Dadang Hermansyah/detikTravel)


Dengan mitos itu, hutan Gunung Dukuh kini masih terjaga keasriannya. Pohon-pohon yang berusia ratusan tahun dengan batang pohon berdiameter cukup besar masih berdiri kokoh. Bahkan di hutan itu terdapat sumber mata air yang melimpah, kini digunakan warga untuk keperluan sehari-hari. Hutan gunung dukuh sekarang ditetapkan sebagai kawasan esensial.

"Memang mitos disini kuat, sudah turun temurun. Tidak boleh membawa keluar apa-apa saja yang ada di hutan ini, ranting yang sudah jatuh saja tidak boleh ada sanksinya. Apalagi menebang pohon, memang sejak dulu seperti itu," ujar Kepala Desa Jagabaya Wawan Setiawan saat ditemui detikTravel di lokasi hutan Gunung Dukuh, Rabu (15/8/2018).

Wawan juga membenarkan, sempat ada warganya seorang pendatang yang mengambil ranting pohon di hutan itu. Baru disimpan dan belum digunakan untuk kayu bakar, pada malam harinya ada yang datang dan meminta untuk mengembalikannya.
Cerita Mistis dari Gunung Dukuh CiamisFoto: (Dadang Hermansyah/detikTravel)


"Kejadian itu sempat menjadi pembicaraan, jadi orang itu langsung mengembalikannya ke hutan. Jadi sampai sekarang tidak ada lagi yang berani. Memang harus menghormati amanah dari sesepuh. Kalau dibebaskan mungkin hutan sudah habis," jelas Wawan.

Menurut Wawan, mitos yang berasal dari para pendahulunya itu terjadi bukan tanpa alasan. Karena setiap manusia harus menjaga lingkungan dan hutan, untuk diwariskan kepada anak cucu.

"Jangan sampai anak cucu kita tidak bisa menikmati keindahan alam. Hanya karena pohon di hutan habis digunakan untuk pembangunan. Harus dirawat dan dijaga," tegasnya.

Wawan menjelaskan, di tengah hutan gunung dukuh ini terdapat sumber mata air. Dimana air yang keluar cukup melimpah. Sekarang dimanfaatkan oleh warga untuk keperluan rumah tangga.

Cerita Mistis dari Gunung Dukuh CiamisFoto: (Dadang Hermansyah/detikTravel)


Sumber mata air yang bernama Ci Kahuripan ini juga dipercaya memiliki khasiat tertentu, tergantung orang yang berdoa untuk memintanya. Seperti dimudahkan dalam pekerjaan hingga mendapatkan rezeki. Bahkan setiap Senin atau Kamis banyak yang datang dari daerah luar, sekaligus berziarah. Karena di hutan itu terdapat makom atau peninggalan Ki Jagabaya.

"Amanah ini akan tetap kita jaga, supaya kelestarian alam di Desa ini tetap terjaga. Karena manfaatnya dapat dirasakan. Musim kemarau ini alhamdulillah kami tak kekurangan air," pungkasnya.


Tonton juga video: 'Vlog Tapal Batas - Benteng Makes: Benteng Lapis 7 Bernuansa Mistis'

[Gambas:Video 20detik]

(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Beginilah Keindahan Anambas

Minggu, 23 Sep 2018 16:20 WIB

Anambas, kepulauan tropis di wilayah barat daya Indonesia ini sangat indah dan menarik untuk di kunjungi. Panorama alamnya memukau!