Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Agu 2018 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Pasir Putih Sumbawa yang Bikin Ogah Pulang

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Pantai Nanga Toi di NTB (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Pantai Nanga Toi di NTB (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Dompu - Liburan ini, coba arahkan rute traveler ke Kabupaten Dompu di NTB. Tempat ini punya destinasi menarik berupa pantai pasir putih yang sangat cantik, Nanga Toi.

Meski diapit oleh Sumbawa Besar dan Kabupaten Bima, namun Kabupaten Dompu memiliki potensi yang besar di sektor wisata. Nah, untuk Anda yang ingin mengisi momen libur panjang di hari raya Idul Adha, sebaiknya datang saja ke Pantai Nanga Toi yang terletak di Desa Lasi, Kecamatan Kilo, Dompu, NTB.

Di sini Anda akan dimanjakan dengan lembutnya pasir putih dan suasana lautnya yang tenang serta bisa melihat langsung ikan yang berenang karena jernihnya air laut. Ada banyak spot foto selfie yang disediakan pada tempat ini.

Selain bisa untuk menghabiskan hari Anda, di tempat ini juga bisa digunakan untuk berkemah bersama keluarga dan teman-teman.

Berkemah di pantaiBerkemah di pantai Foto: (Faruk Nickyrawi/detikTravel)


"Di sini tempatnya bisa membuat kita tenang. Suasana malamnya seru dibawah terang bulan sambil bakar ikan dan bercanda ria bersama teman-teman," kata salah seorang pengunjung, Amirudin pada detikTravel, Selasa (21/8/2018).

Lokasinya yang tidak jauh dengan Dermaga atau tempat dikeluarkannya ikan hasil tangkapan nelayan setempat, akan semakin menambah kesedian suasana bermalam dengan membakar ikan laut.

Ditambah lagi dengan ramahnya para penduduk setempat semakin membuat Anda tidak ingin meninggalkan tempat ini.

Untuk bisa sampai ditempat ini, Anda hanya perlu waktu sekitar 2 jam saja mulai dari jantung Kota Dompu. Tentunya bisa dipakai dengan segala jenis kendaraan.

Di tengah perjalanan menuju Pantai Nanga Toi, mulai di Desa Mbuju, perjalanan akan ditemani oleh hamparan pasir putih dan pohon-pohon kelapa yang menjulang. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan tebing-tebing curam. Tak heran jika, Kecamatan Kilo ini dijuluki sebagai Kecamatan Seribu Tebing.

Jika berangkat pada siang hari dengan waktu mulai pukul 14.00 Wita siang, sebelum sampai di lokasi tujuan, Anda juga akan dapat melihat ratusan ekor Kalong yang bergelantungan di sarangnya. Tapi bukan di gua, melainkan pohon yang menjadi tempat persinggahan para kalong.

Tidak ada retribusi atau biaya masuk di lokasi ini, Anda cukup menyapa atau memberitahukan warga setempat bahwa akan bermalam di tempat ini. Jangan lupa, syarat yang paling utama di tempat ini adalah menjaga kebersihannya. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED