Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Agu 2018 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan di Australia, Ini Batu '12 Apostles' Versi Sumba

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Pantai Bawana Sumba (Randy/detikTravel)
Sumba Barat Daya - Australia punya pantai dengan batu karang yang keren berjuluk '12 Apostles'. Indonesia tidak kalah, Pantai Bawana di Sumba juga punya yang seperti itu.

Traveler yang liburan ke Port Campbell National Park di Australia, tentu pernah melihat barisan tebing menghadap laut dengan sejumlah batu di antaranya. Itulah objek wisata 12 Apostles di negara bagian Victoria, Australia.

Namun, tak usah jauh-jauh ke Australia. Traveler juga bisa melihat pemandangan serupa seperti 12 Aposles di Pantai Bawana/Bwanna, Sumba Barat Daya.

Berjarak sekitar 1,5 hingga 2 jam dari Bandar Udara Tambolaka, Pantai Bawana merupakan destinasi wisata yang paling jauh di Sumba Barat Daya.

Ketika detikTravel berkunjung ke sana minggu lalu, destinasi ini pun jadi yang paling pertama didatangi terkait jaraknya.

"Spot ini bagus banget kalau mau lihat sunset, tapi kalau bawa tamu ke sini pas gelap nggak berani saya. Rawan," ujar pemandu saya saat itu, Indra.

Bukan di Australia, Ini Batu '12 Apostles' Versi SumbaFoto: Johanes Randy


Namun, keindahan Pantai Bawana pun tetap luar biasa terlepas datang siang atau sore. Hanya sayang, air tengah pasang dan menutup bibir pantai saat detikTravel datang.

Oleh sebab itu, keindahannya pun hanya dinikmati dari Tanjung Mareha yang berlokasi persis di Pantai Bawana. Dari spot ini, sekilas pemandangannya mirip 12 Apostles di Australia. Hanya saja, jumlah batu di tengah lautnya tak sebanyak di Australia.

Walau tak bisa turun sampai ke bawah, panorama indah Pantai Bawana dari Tanjung Mareha berhasil mengobati kekecewaan. Selain barisan tebing di Pantai Bawana, tampak juga karang bolong yang jadi ciri khasnya.

Bukan di Australia, Ini Batu '12 Apostles' Versi SumbaFoto: Johanes Randy


Traveler yang hobi foto pun bisa mengabadikan momen di Tanjung Mareha dengan latar belakang Pantai Bawana. Dijamin Instagramable!

Hanya demi keamanan, ada baiknya traveler meninggalkan Pantai Bawana dan Tanjung Mareha sebelum hari gelap. Mengingat daerah tersebut masih cukup rawan dan jauh dari kota.

Jika ingin datang, traveler dianjurkan untuk menyewa mobil dan pemandu lokal demi kelancaran berwisata. Harga tiket masuk per mobilnya adalah Rp 50 ribu. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA