Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Sep 2018 12:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Waimarang, Kolam Renang Alam dari Sumba Timur

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Air Terjun Waimarang di Sumba (Randy/detikTravel)
Waingapu - Tak kalah dengan Sumba Barat Daya, Sumba Timur juga punya banyak destinasi wisata unggulan. Salah satunya adalah Air Terjun Waimarang.

Berlokasi di Desa Waimarang, Sumba Timur, Air Terjun Waimarang menjadi salah satu destinasi yang cukup mencuri hati traveler. Selain indah, air terjun ini juga memiliki kolam renang yang tercipta oleh alam.

Untuk mencapainya, traveler pun harus berkendara sekitar dua jam dari pusat Kabupaten Sumba Timur di Waingapu. detikTravel pun berkunjung ke air terjun ini beberapa waktu lalu.

Air Terjun Waimarang, Kolam Renang Alam dari Sumba TimurParkiran menuju Air Terjun Waimarang (Randy/detikTravel)

Medan off road hingga sabana pun terlebih dulu menyambut perjalanan traveler menuju Air Terjun Waimarang. Jika beruntung, traveler juga bisa melihat kuda yang tengah merumput.

Setibanya di lokasi, traveler akan menemukan area lapangan luas untuk parkiran dengan beberapa warung sederhana. Cuma sabar dulu, masih ada jarak satu kilometer trekking menuju Air Terjun Waimarang.

Air Terjun Waimarang, Kolam Renang Alam dari Sumba TimurRute menuju air terjun (Randy/detikTravel)

Pastikan kamu memakai sandal gunung atau sepatu yang nyaman, mengingat medan menuju air terjun yang naik turun. Tepat sebelum sampai, traveler juga harus melintasi sungai lebih dulu.

Wlaau sedikit melelahkan, perjuangan trekking akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Waimarang. Air terjunnya memang tidak besar atau tinggi, tapi punya kolam renang alami yang cukup luas.

Biasanya, para traveler yang berkunjung ke sini tak akan melewatkan kesempatan untuk berenang. Siapa coba yang tahan untuk tidak main air di sini?

"Kalau sudah sampai sini nggak berenang rugi!" ujar pemandu saya, Indra.

Tak perlu waktu lama untuk melihat aksi orang melompat. Satu per satu, para pengunjung melompat dari salah satu sisi batu menuju kolam.

Air Terjun Waimarang, Kolam Renang Alam dari Sumba TimurHarus terjun dan main air kalau ke sini (Randy/detikTravel)

Byur! Sensasi segar pun langsung terasa. Saya sendiri tidak melewatkan kesempatan untuk main air di Air Terjun Waimarang.

Hanya perlu diingat, tak ada ruang ganti di lokasi air terjun. Namun, traveler bisa menemukan ruang ganti sederhana di area parkiran kendaraan.

Di salah satu sisi air terjun juga dapat ditemui permukaan yang lebih tinggi. Di sampingnya juga terdapat kolam yang berukuran lebih mini dan tak kalah menyegarkan.

Air Terjun Waimarang, Kolam Renang Alam dari Sumba TimurVandalisme di air terjun (Randy/detikTravel)

Hanya sayang, tampak sejumlah aksi vandalisme pada objek wisata ini. Hal itu dapat dilihat lewat pahatan nama di beberapa sisi air terjun. Ada saja ulah dari oknum traveler yang tak bertanggung jawab.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Air Terjun Waimarang, tak dikenakan biaya. Hanya saja ada biaya parkir Rp 10 ribu untuk mobil dan Rp 5 ribu untuk motor. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA