Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Sep 2018 07:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Moo...! Ribuan Ternak Berkeliaran di Savana Gunung Tambora

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Ribuan hewan ternak di Padang Savana Doro Ncanga (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Ribuan hewan ternak di Padang Savana Doro Ncanga (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Dompu - Ada pemandangan menarik di savana Gunung Tambora. Kamu bisa melihat ribuan hewan ternak dilepas liar oleh pemiliknya.

Berbicara tentang Gunung Tambora memang tiada habisnya. Ada berbagai keunikan yang ditawarkan untuk memanjakkan mata bagi siapapun yang mengunjungi gunung berapi dengan besar letusannya nomor dua di Dunia ini. Gunung ini terletak di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jika traveler adalah salah satu pengunjung Gunung Tambora, harus bersiap-siap untuk melihat sebuah keunikan yang mungkin tidak pernah ditemukan di tempat lain. Anda akan kaget melihat ribuan hewan ternak yang dilepas liar oleh pemiliknya. Seperti yang detikTravel lihat akhir pekan kemarin.

(Faruk Nickyrawi/detikTravel)(Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Tepatnya adalah di Padang Savana Doro Ncanga, Gunung Tambora. Sekitar dua jam jarak tempuh sebelum sampai pintu masuk atau Base Camp Pendakian Gunung Tambora jalur Pancasila. Savana berupa padang rumput yang luas ini menjadi surga bagi hewan ternak oleh peternak di Kabupaten Dompu.

Padang Savana Doro Nganga merupakan satu-satunya lokasi terbesar pelepasan hewan ternak di Provinsi NTB. Ada berbagai jenis hewan ternak di lokasi ini, mulai dari sapi, kerbau, kuda hingga kambing. Namun areal ini didominasi oleh sapi.

Cara mengembangkan hewan ternak di Dompu terbilang cukup unik. Jika ditempat lain dalam mengembangkan hewan ternak biasanya peternak akan mengkandangkan atau melepas pada padang rumput namun tali di hewan tersebut tetap diikat. Namun, di sini dibiarkan bebas berkeliaran untuk mencari rumput yang disukainya.

(Faruk Nickyrawi/detikTravel)(Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Saking banyaknya hewan yang dilepas liar di tempat ini, hingga memenuhi jalan raya yang menghubungkan pusat Kota Dompu dan Kecamatan Pekat. Jika Anda melintas di jalan ini, kamu akan diperhadapkan dengan sapi-sapi gemuk nan besar. Meski para hewan ini tidak mengganggu, ada baiknya traveler harus tetap berhati-hati.

Uniknya lagi, usai menikmati rumput yang hijau, memasuki waktu siang hewan ini dengan sendirinya menuju tempat mata air yang terdapat di ujung savana. Salah satunya adalah mata air Oi Rao. Di sini, biasanya hewan-hewan tersebut berendam, terutama untuk mandi.

Memasuki waktu jelang malam, hewan ternak akan diarahkan untuk memasuki kandang yang sebelumnya telah disediakan oleh kelompok ternak. Ada puluhan kandang yang tersebar di puluhan titik di Padang Savana Doro Ncanga. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED