Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Sep 2018 17:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Indahnya Gua Tempat Putri Pelangi Mandi di Ambon

Muslimin Abbas
detikTravel
Gua Air Putri di Ambon (Muslimin Abbas/detikTravel)
Gua Air Putri di Ambon (Muslimin Abbas/detikTravel)
Ambon - Di Ambon, Maluku terdapat gua cantik dengan tujuh kolam berair bening. Konon, kolam ini adalah tempat mandinya Putri Pelangi.

Namanya Gua Air Putri, berada di Negeri Kulur, Kecamatan Saparua, Maluku Tengah. Kolam ini adalah tempat pemandian para Putri Pelangi. Nama Gua Air Putri berdasarkan cerita rakyat yang mengatakan gua tersebut merupakan tempat Putri Pelangi turun dan para putri mandi di dalam gua tersebut.

Di dalam gua terdapat 7 kolam berbentuk lingkaran berbagai ukuran yang berisikan air tawar. Biasanya warga masuk di dalam gua untuk mandi. Tidak ada pungutan biaya bila hendak masuk dan mandi untuk marasakan tempat pemandian para Putri Pelangi.

Bila hendak masuk ke gua, traveler harus melewati lubang berbentuk lingkaran dan sesampai di dalam traveler akan disambut jernihnya air yang berwarna biru keputihan yang bersih. Kolam Air Putri tersebut tidak terlalu dalam serta suasana gua tidaklah gelap karena cahaya matahari masuk ke dalam gua melalui lubang gua.

Gua Air Putri yang jernih (Muslimin Abbas/detikTravel)Gua Air Putri yang jernih (Muslimin Abbas/detikTravel) Foto: undefined


Untuk menuju ke Gua Air Putri cukup mudah lantaran sarana transportasi sangat mendukung. Dari Kota Ambon naik mobil atau dengan menaiki motor ke terminal penyeberangan kapal fery di Negeri Waai, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Lalu tiba di Negeri Kulur dan berjalan kaki atau bisa juga dengan kendaraan ke arah Saparua sejauh kurang lebih 300 meter untuk tiba gua.

"Gua tempat Putri Pelangi turun dan mandi berdasarkan cerita rakyat dimana 7 kolam digunakan putri untuk mandi," kata Rony Tuhuleley, pemuda yang ditemui detikTravel di Negeri Kulur.

Pantai Pasir Putih yang cantik (Muslimin Abbas/detikTravel)Pantai Pasir Putih yang cantik (Muslimin Abbas/detikTravel) Foto: undefined

Selain memiliki Gua Air putri, Negeri Kulur juga punya pantai berpasir putih yang cantik. Lokasinya tidak jauh dari lokasi gua. Nama pantainya Umi Putih atau Pasir Putih.

Indahnya pantai dan laut membuat kita enggan untuk beranjak meninggalkan pantai dengan laut biru ini. Apalagi jika sore menjelang, sunset akan menjadi primadona yang menemani traveler menunggu malam. Jangan lewatkan juga langit malamnya yang bertabur bintang ya. (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED