Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Sep 2018 13:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Persiapan Festival Kapal Layar Khas Dompu

Faruk Nickyrawi
Redaksi Travel
Festival Sampa Loja, Dompu, NTB (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Festival Sampa Loja, Dompu, NTB (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Dompu - Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki festival kapal layar yang unik. Namanya Festival Sampa Loja.

Kegiatan ini akan digelar selama empat hari kedepan. Hari ini para peserta mulai mempersiapkan sampan yang dilombakan. Persiapan dimulai dari mengecek kondisi kapal dan layarnya bahkan ada juga peserta yang sudah melayarkan kapalnya.

"Sampa Loja (Perahu Layar) ini merupakan alat transportasi jaman dulu sebelum ada mesin, para nelayan menggukan perahu layar untuk melaut, Agar tetep terjaga kelestariannya, makanya di adakan lah lomba perahu layar ini," kata warga setempat, Didi Ardiansyah pada detikTravel, Rabu (12/9/2018).

Sampa atau Sampan Loja adalah sebutan lokal bagi masyarakat pesisir laut yang ada di Kabupaten Dompu. Sampa berarti Perahu dan Loja adalah Berlayar atau Layar. Sehingga Sampa Loja adalah Kapal Berlayar yang digunakan oleh nelayan lokal sejak dulu sebelum adanya mesin penggerak kapal.

Melihat Persiapan Festival Kapal Layar Khas DompuFoto: (Faruk Nickyrawi/detikTravel)


Festival Sampa Loja ini digelar setiap sekali setahun. Lokasinya ada di Pantai Desa Jambu, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu.

Peserta dalam kegiatan ini merupakan para nelayan setempat dan diikuti oleh nelayan pesisir yang ada di sekitar lokasi kegiatan seperti Jala dan Cempi Jaya, Kecamatan Hu'u.

Jika ke Dompu di minggu ini, Festival Sampa Loja wajib untuk diikuti dan disaksikan oleh para traveler. Pasalnya di sekitar lokasi kegiatan terdapat banyak spot foto landscape dengan latar belakang laut yang indah.

Untuk diketahui, Kabupaten Bima pun memilikinya, bernama Festival Kapal Layar yang dipusatkan di Pantai Gunung Api Sangiang. Kegiatan itu sama-sama untuk memperkenalkan potensi wisata. (msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Beginilah Keindahan Anambas

Minggu, 23 Sep 2018 16:20 WIB

Anambas, kepulauan tropis di wilayah barat daya Indonesia ini sangat indah dan menarik untuk di kunjungi. Panorama alamnya memukau!