Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Sep 2018 13:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Benang Kelambu yang Bikin Hati Senang

Harianto
Redaksi Travel
Kawasan objek wisata Air Terjun Benang Kelambu (Harianto/detikTravel)
Kawasan objek wisata Air Terjun Benang Kelambu (Harianto/detikTravel)
Lombok Tengah - Kabupaten Lombok Tengah tak hanya menyajikan deretan pantai eksostis. Di bagian utara juga terdapat air terjun yang sering dikunjungi traveler.

Air terjun yang berada di wilayah Lombok Tengah yang cukup terkenal itu, salah satunya bernama air terjun Benang Kelambu.

Air terjun ini bersumber dari alur kawasan hutan kaki Gunung Rinjani yang mengalir ke bagian selatan dan tumpah tepat di bagian utara wilayah Kabuptaen Lombok Tengah.

Jika traveler hendak ke Lombok, cobalah menikmati eksotika alam pegunungan di daerah air terjun Benang Kelambu. Tidak hanya itu, ada dua pilihan tempat yang bisa dikunjungi di sana; air terjun Benang Kelambu dan juga air terjun Benang Stokel.

Menuju lokasi air terjun, traveler akan melewati kawasan hutan yang sebagian dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan oleh warga setempat.

Bertingkat-tingkat (Harianto/detikTravel)Bertingkat-tingkat (Harianto/detikTravel)
Posisi gerbang masuk ke lokasi ini cukup berada di lahan yang tinggi, sehingga untuk menuju ke sana traveler akan menuruni ratusan tingkat anak tangga.

Dari gerbang masuk ke Benang Kelambu, traveler akan melalui jalan berkerikil. Sebagian ada yang sudah dibeton. Jalannya cukup lebar, sekira 2 meter. Traveler akan melewati jalan itu yang posisinya membelah perkebunan warga yang mengelola kawasan hutan di sana. Waktu tempuh sekitar 20 menit.

Jika tak ingin berjalan terlalu lama, traveler bisa menggunakan motor dan parkir di pos pemberhentian. Namun, traveler yang datang menggunakan mobil bisa memarkir di area sebelum pintu masuk yang sudah disediakan oleh pengelola wisata di sana.

Untuk biaya parkir, traveler cukup membayar Rp 2.000 untuk satu motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Biaya tiket masuk cukup dengan membayar Rp 5.000 per orang. Di lokasi ini juga disediakan jasa transportasi ojek untuk menuju ke lokasi air terjun Benang Kelambu.

Tak sedikit wisatawan yang datang (Harianto/detikTravel)Tak sedikit wisatawan yang datang (Harianto/detikTravel)
Setelah menempuh jalan tanah dan berkerikil, traveler akan mulai berjalan menuruni anak tangga yang berjejer rapi. Ratusan anak tangga yang mengular diselimuti rimbunnya hutan terlihat sangat menakjubkan.

Pada level anak tangga yang lebih dekat, suara rintik air terjun sudah mulai terdengar. Hawa dingin dan sejuk akan mulai terasa. Dari kejauhan pemandangan air terjun pun sudah bisa di lihat setelah menempuh setengah perjalanan.

Air terjun yang tumpah dari sela rerimbun semak terlihat seperti tirai atau benang kelambu. Tak heran jika air terjun ini dinamakan Benang Kelambu. Airnya yang tumpah terasa lembut dan tipis-tipis.

Air terjun ini terlihat bertingkat dengan beberapa titik sumber air. Menariknya, air yang mengalir melalui semak tetumbuhan yang merambat di atas tebing bukit, seperti membentuk tirai air.

Terdapat jalan setapak yang bisa traveler lalui di balik tirai air yang tumpah, sehingga traveler tak kesulitan dapat mencoba langsung menikmati segarnya air dari titik satu ke titik yang lain dari sumber alur tumpahan yang berbeda.

Jika traveler tak cukup puas mandi dengan tumpahan air yang tipis, di sana juga disediakan kolam penampungan air yang bisa digunakan untuk berenang atau sekadar membenamkan diri di dalamnya.

Ada tampungan air untuk orang dewasa dan terdapat kolam tampungan untuk anak kecil. Di sela kolam ada jalur air jernih yang mengalir menuju titik deretan pancoran.

Air terjun yang jatuh di atas tebing bebatuan merambat melalui celah-celah batu dan semak menuju aliran sungai. Warga setempat sengaja membendung aliran air dengan membuat kolam penampungan yang bisa digunakan untuk berenang.

Suasananya begitu tenang (Harianto/detikTravel)Suasananya begitu tenang (Harianto/detikTravel)
Air yang terus mengalir ke dalam kolam membuat air meluber keluar dari bibir kolam dan jatuh lagi menuju bebatuan di bawahnya dan terlihat seperti air terjun yang baru. Titik spot yang begitu indah dan menawan untuk difoto.

Pada jarak yang agak jauh, pemandangan yang akan traveler dapatkan adalah aliran air berlapis-lapis, mulai dari atas tebing hingga ke kolam.

Traveler juga bisa duduk santai di tepi bibir kolam sambil merendam kaki merasakan dingin dan kesejukannya air yang bikin hati nyaman dan damai. Pemandangan di bawah kolam juga terdapat sungai dengan aliran airnya yang tenang, namun riam suaranya bikin kepayang.

Masih dalam satu areal kawasan yang sama, tak jauh dari kolam terdapat sebuah mushala yang sengaja dibangun khusus bagi traveler muslim bisa menggunakannya untuk menunaikan kewajiban salat ketika berwisata ke tempat ini.

Agar bisa sampai ke tempat ini, lokasi air terjun Benang Kelambu berada di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Bandara Internasional Lombok berjarak sekitar kurang lebih 55 kilometer. Waktu tempuh sekitar 1 jam dari jalur bypass.

Lokasi wisata air terjun Benang Kelambu bisa juga dicapai dari Kota Mataram menuju Narmada ke arah timur. Kemudian dari jalur utama jalan antar kabupaten, tepatnya di Desa Aiq Dareq, traveler ambil jalur ke kiri menuju Desa Aiq Beriq di Kecamatan Batukliang utara.

Jangan khawatir tersesat, papan nama di pinggir jalan bisa menjadi petunjuk dan traveler tak perlu sungkan untuk bertanya kepada warga, jalan menuju ke kawasan wisata ini. Waktu tempuhnya kurang lebih 45 menit dari Kota Mataram.

Nah, traveler sudah bisa membayangkan nuansa keindahan alam di kawasan wisata air terjun Benang Kelambu ini bukan? Tunggu apalagi.

Pasca masa tanggap darurat bencana gempa bumi, sempatkanlah jalan-jalan untuk berlibur ke tempat ini. Sebab, sebagian lokasi wisata di Lombok tak terdampak kok. Tentu saja masih nyaman untuk dikunjungi. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED