Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Sep 2018 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Akhir Pekan, Nikmati Pemandangan Eksotis Gunung Telomoyo Yuk!

Eko Susanto
detikTravel
Pemandangan alam Telomoyo yang eksotis (Eko Susanto/detikTravel)
Pemandangan alam Telomoyo yang eksotis (Eko Susanto/detikTravel)
Semarang - Keindahan Gunung Telomoyo yang berada di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang sangat menarik untuk dikunjungi. Akhir pekan ini, ke sana yuk!

Traveler yang penasaran mau naik menuju Gunung Telomoyo pun bisa naik sepeda motor. Gerbang masuk menuju Telomoyo berada di Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Di gerbang masuk ini pun terpampang tulisan besar Telomoyo, kemudian nantinya akan menemukan lokasi parkiran yang luas. Masih di area ini, ada tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Adapun dari lokasi parkiran bawah ini, bisa naik dengan sepeda motor maupun jalan kaki. Bagi traveler yang naik menuju puncak ingin naik sepeda motor perlu ekstra hati-hati.

Perlu ekstra hati-hati mengingat saat ini kondisi jalan aspal sebagian besar telah mengelupas. Untuk itu, akan menemui jalan bebatuan dan terjal yang bisa dilewati. Sepanjang perjalanan dari gerbang masuk menuju puncak, nantinya akan disuguhi pemandangan alam yang eksotis.


Menuju puncak Telomoyo (Eko Susanto/detikTravel)Menuju puncak Telomoyo (Eko Susanto/detikTravel)

Selain hutan pinus, traveler bisa melihat pemandangan perkampungan penduduk dari atas ketinggian. Juga melihat keindahan dan panorama gunung lainnya.

Salah satu penjaga tiket masuk, Heri Purnawan mengatakan, tiket masuk menuju Telomoyo sebesar Rp5.000 per orang. Untuk pengunjung pada hari libur biasanya mencapai 100 pengunjung.

"Pengunjung nggak mesti tergantung cuaca, kalau Sabtu dan Minggu rata-rata biasa mencapai 100 orang. Tiap harinya ada yang datang, tapi jumlahnya nggak mesti," katanya saat dihubungi, Jumat (14/9/2018).

Salah satu pengunjung Telomoyo, Erwin mengaku, baru kali pertama naik menuju Telomoyo. Sekalipun jalan yang dilewati rusak, namun setelah sampai di puncak rasanya terobati melihat pemadangan dan keindahan alam yang ada.

"Kami baru sekali naik, tapi alamnya luar biasa indahnya," tuturnya singkat.

Untuk saat ini di Telomoyo sedang dilangsungkan Kejuaraan Gantole Telomoyo 2018. Kejuaraan ini pun telah masuk dalam kalender internasional, bahkan peserta datang dari berbagai daerah dan juga diikuti dua atlet dari luar negeri yakni Jepang.

Olahraga gantole (Eko Susanto/detikTravel)Olahraga gantole (Eko Susanto/detikTravel)

Kemudian saat dilangsungkan kejuaraan pada hari kedua, Kamis (13/9/2018), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sempat melihat langsung take off di Telomoyo. Orang nomor satu di Pemrov Jateng ini pun memberikan apresiasi.

Kemudian untuk kondisi jalan dari lokasi parkiran hingga menuju lokasi take off yang rusak nantinya segera diperbaiki. Hal ini mengingat wilayah tersebut berada di Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang dan Perhutani.

"Saya sebetulnya sudah nyiapin. Waktu itu, itung-itungannya cuma Rp6 miliar, terlalu kecil itu untuk Jawa Tengah. Maksud saya kalau itu bisa kita suport ini, tidak hanya untuk gantole, tapi untuk banyak pariwisata. Ternyata, saya mendapat informasi, kalau nggak salah tahun lalu ada peserta dari Australia. Dia menceritakan bahwa ini tempat bagus banget, memenuhi standar internasional dan orang sangat tertarik untuk terbang dari sini," kata Ganjar.

Pihaknya berharap, bukan hanya event olahraga yang tumbuh dari Telomoyo, namun pariwisata bisa tumbuh pula. Pengakuan akan keindahan alam dan pemandangan yang bagus juga disampaikan atlet dari Jepang. Untuk itu, diharapkan nantinya bisa dikembangkan menjadi lokasi sport tourism.

"Sebenarnya yang kita kawinkan itu, maka saya bilang kalau dolar tinggi dari pada kita berdebat soal politik, kita berdebat wisatanya. Bayangkan kalau event seperti ini, kita buat dan orang asing datang, kan kita dapat dolar juga," ujarnya.

Cantiknya pemandangan Telomoyo (Eko Susanto/detikTravel)Cantiknya pemandangan Telomoyo (Eko Susanto/detikTravel)

"Dan itu yang bisa menaikan pariwisata, pariwisata menyedot dolar banyak sekali, maka saya bayangkan area-area begini yang sangat cantik, sangat indah tinggal dimaintane saja sehingga pariwisatanya tumbuh," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, berbicara mengenai pariwisata di Kabupaten Semarang, saat ini terus menata dan berbenah. Penataan dan pembenahan dilakukan di kawasan Gedong Songo terkait pelebaran jalan dan pembangunan objek-objek tertentu.

Selain itu, penataan wisata kawasan Bandungan, kemudian kawasan wisata Muncul (Banyubiru) dan Bukit Cinta. Sedangkan untuk Telomoyo ada yang wilayah yang masuk Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang.

"Saat ini kegiatan wisata di Telomoyo menunjang Kabupaten Semarang adanya gantole. Dengan adanya gantole ini, Telomoyo terangkat karena sebagai tempat take off, kemudian landing di Lapangan Desa Sraten, Kecamatan Tuntang," kata Ngesti.

"Dengan adanya kegiatan gantole ini sangat membantu pemerintah daerah dalam rangka promosi pariwisata di Kabupaten Semarang dan menguntungkan Kabupaten Semarang," ujarnya seraya berharap kepada peserta mengunjungi lokasi wisata lainnya di Kabupaten Semarang. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED