Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Sep 2018 16:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Cuma 'Markas Avengers,' Ini 6 Objek Wisata di Merauke

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Sungai Kaliwanggo di Merauke (Afif/detikTravel)
Sungai Kaliwanggo di Merauke (Afif/detikTravel)
Merauke - Nama Merauke tengah naik daun karena 'Markas Avengers' yang disebut Presiden Jokowi. Selain itu, ada 5 objek wisata yang tak kalah menarik.

Saat menghadiri World Ecomomic Forum di Vietnam beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi mengatakan tengah membuat 'Markas Avengers' di Merauke.

Berlokasi di Merauke, 'Markas Avengers' merupakan monumen kapsul waktu yang di dalamnya terdapat tulisan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia akan Indonesia 70 tahun mendatang.

Bukan Cuma 'Markas Avengers,' Ini 6 Objek Wisata di MeraukeFoto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Walau hanya merupakan analogi, sekilas monumen kapsul waktu tersebut memiliki huruf A kapital yang identik dengan logo pasukan Avengers besutan Marvel.

Namun, nyatanya Merauke punya beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan 'Markas Avengers' yang tengah dibangun. Dihimpun detikTravel, Selasa (18/9/2018), berikut 6 destinasi wisata yang dapat ditemui di Merauke:

Bukan Cuma 'Markas Avengers,' Ini 6 Objek Wisata di MeraukeSungai Biras di Taman Nasional Wasur (Afif/detikTravel)
1. Taman Nasional Wasur

Destinasi pertama yang umum di telinga traveler saat pertama kali mengunjungi Merauke adalah Taman Nasional Wasur. Berlokasi di Merauke, taman nasional ini juga menjadi habitat dari Kanguru Papua atau kanguru pohon.

Selain kanguru pohon, traveler juga bisa melihay rumah semut yang menjadi salah satu ke-khasan Merauke. Rumah Semut ini pun hanya dapat dijumpai di Merauke dan Australia saja.

Namun, tak jauh dari pintu masuknya terdapat suatu kolam alami yang luas. Dimana airnya berasal dari rawa dan sungai, Biras namanya.

Bukan Cuma 'Markas Avengers,' Ini 6 Objek Wisata di MeraukeSungai Kaliwanggo (Afif/detikTravel)
2. Sungai Kaliwanggo

Kaliwanggo masuk dalam wilayah Erambu di Merauke, Papua. Sungai yang sungguh panjang dan lebar, mengalir sampai wilayah Papua Nugini. Suasananya seperti Amazon, tapi di Merauke.

Butuh perjalanan sekitar 3 jam lebih dari pusat Kota Merauke untuk tiba di Kaliwanggo. Wilayah ini pun tak dihuni banyak penduduk dengan kontur alamnya didominasi rawa.

Bukan Cuma 'Markas Avengers,' Ini 6 Objek Wisata di MeraukeObjek wisata buatan Lotus Garden (Afif/detikTravel)
3. Lotus Garden

Selain destinasi wisata alam, Merauke juga punya objek wisata buatan bernama Lotus Garden. Wujudnya berupa kolam, gazebo dan jalur trekking.

Lotus Garden punya luas 10 hektar dan sudah dibuka sejak tahun 2014. Suasananya sungguh tenang. Apalagi dikelilingi oleh hutan yang penuh pepohonan serta semak belukar. Masih sangat alami. Mau bersantai sungguh nyaman, kalau trekking ke dalam hutannya juga seru.

Tiket masuk ke Lotus Garden hanya Rp 20 ribu saja. Sedangkan untuk duduk di gazebo, sistemnya semacam siapa cepat dia dapat. Beberapa warung makanan pun menyuguhkan macam makanan. Kamar mandi dan musala tersedia pula, lengkap!

Lokasinya berada di kawasan Semangga, Distrik Muramsari. Kira-kira, cukup 45 menit naik mobil dari pusat Kota Merauke.

Bukan Cuma 'Markas Avengers,' Ini 6 Objek Wisata di MeraukeMasjid Al Aqsha di Merauke (Afif/detikTravel)
4. Masjid Al Aqsha

Bagi umat Muslim pasti tahu Masjid Al Aqsha di Yerusalem sana. Namun, tahukah tentang Masjid Al Aqsha di Merauke, Papua? Masjid dengan nama serupa juga ada di Merauke.

Diungkapkan oleh Wakil ketua 1 PKM (Pengurus Kesejahteraan Masjid) Masjid Al Aqsha, Abu Bakar Akhyar kepada detikTravel beberapa waktu lalu, bahwa Aqsha memiliki arti terjauh dan dianalogikan sebagai lokasi masjid yang terjauh dari pusat Pemerintahan di Jakarta.

Jika dilihat, gaya arsitektur masjidnya mengambil tema Timur Tengah. Cukup luas masjidnya, dengan beberapa bangunan di sekitarmya seperti Yayasan Masjid Raya, sekolah tingkat TK dan Lembaga Pengembangan Tilawatul Quran. Di depannya pun ada taman yang asri.

Masjid Al Aqsha pun lokasinya cukup mudah dijangkau, karena berada di pusat Kota Merauke atau dekat dengan Tugu Libra. Wisatawan yang liburan ke Merauke kebanyakan datang ke sini untuk beribadah sekaligus berfoto-foto.

Bukan Cuma 'Markas Avengers,' Ini 6 Objek Wisata di MeraukePerbatasan Papua Nugini (Afif/detikTravel)
5. Perbatasan Papua Nugini

Jika ingin mencintai Indonesia lebih dalam, berwisatalah ke daerah perbatasan Papua Nugini. Ada rasa haru dan bangga, di titik paling timur tanah Nusantara.

Dalam catatan detikTravel, terdapat dua tempat yang bisa Anda datangi bagi yang mau plesiran ke perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Kedua tempat itu adalah Distrik Sota di Merauke dan Desa Skow di Jayapura.

Untuk di Desa Skow, perbatasan ini terlihat lebih maju dibanding yang ada di Distrik Sota di Merauke. Sudah ada menara pengawas dan deretan toko di sekitarnya yang menjual barang made in Indonesia atau made in Papua Nugini.

Bukan Cuma 'Markas Avengers,' Ini 6 Objek Wisata di MeraukeTaman Merah Putih di Perbatasan Papua Nugini (Afif/detikTravel)
6. Taman Merah Putih

Tak jauh dari perbatasan Papua Nugini, traveler juga bisa menjumpai Taman Merah Putih. Sesuai namanya, dibalut warna merah dan putih. Apalagi, kalau bukan terinspirasi dari warna bendera Indonesia.

Taman Merah Putih begitu rindang dan rapi. Tepat di bagian tengahnya adalah bendera Merah Putih yang membentang di atas tiang. Kanan-kirinya, banyak bangku-bangku dan gazebo untuk bersantai. Beberapa pernak-pernik khas Papua pun terjaja.

Perhatikan lebih seksama, banyak kata-kata heroik dan nasionalisme di Taman Merah Putih ini. Seperti 'Untukmu Indonesia, Cintaku Tak Terbatas', 'Tekadku Pengabdian Terbaik', dan tulisan yang paling besar 'Bahasa Indonesia Penjaga Persatuan dan Kesatuan NKRI'.

Bagaimana? Ternyata ada banyak destinasi wisata menarik di Merauke yang bisa kamu kunjungi. Ayo kunjungi destinasi di sisi paling Timur Indonesia ini!


(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA