Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Sep 2018 07:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Viral Mendadak, Ini Dia New Sabana Rawa Pening

Eko Susanto
detikTravel
New Rawa Pening yang tengah hits di Kabupaten Semarang (Eko/detikTravel) foto5
New Rawa Pening yang tengah hits di Kabupaten Semarang (Eko/detikTravel) foto5
Semarang - Surutnya air Rawa Pening di Semarang memunculkan padang rumput menghijau. Lokasi ini pun mendadak viral dikunjungi, apalagi menjelang akhir pekan.

Warga pun mengetahui ada New Sabana Rawa Pening dari media sosial karena viral. Adapun lokasi New Sabana Rawa Pening berada di wilayah Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Untuk mencapai lokasi ini pun tidaklah sulit dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi.

Adapun dari lokasi parkiran sepeda motor maupun mobil ini, pengunjung harus berjalan menyusuri jalan setapak di lokasi rawa sekitar 100 meter. Jalan setapak yang dilewati tersebut, pada musim penghujan terendam air. Kemunculan sabana ini pun relatif baru, sekitar satu minggu mulai ramai dikunjungi pengunjung. Ini adalah Danau Rawa Pening yang mengering karena kemarau.

Di lokasi sabana ini pengunjung bisa selfie sepuasnya. Kemudian saat cuaca cerah, pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Telomoyo, Merbabu dan Ungaran dari kejauhan.

Viral Mendadak, Ini Dia New Sabana Rawa PeningDestinasi ini tengah naik daun di kalangan traveler lokal (Eko/detikTravel)

Salah satu pengunjung, Reyzi Chaniago (22), warga Ambarawa mengaku, datang bersama dengan lima temannya setelah mengetahui keberadaan sabana ini dari sosmed. Kemunculan menjadi daya tarik wisata dadakan karena efek kemarau panjang. Apalagi jelang akhir pekan, makin banyak yang datang.

"Kami tahunya dari sosmed, terus tertarik melihat wisata dadakan efek kemarau panjang. Rasa interest ini pun terbayarkan, dengan cukup bayar parkir Rp 2.000," katanya saat ditemui detikTravel di sela selfie bersama teman-temannya, Rabu (19/9/2018) sore.

"Kami tahunya baru tadi malam ada sabana di Rawa Pening. Orang biasanya akan menemukan sabana saat mendaki di Gunung Merbabu, Prau, jarang sekali ada sabana seperti ini," ujar dia.

Viral Mendadak, Ini Dia New Sabana Rawa Pening
Populer lewat sosmed (Eko/detikTravel)

Para pengunjung yang datang ke New Sabana Rawa Pening pun tak menyianyiakan untuk selfie. Mereka bisa selfie sepuasnya, karena untuk memasuki lokasi ini hanya cukup membayar parkir saja.

"Kami tahunya dari sosmed, terus tanya teman. Nggak nyangka kalau di sini ada sabana, lagian cuma bayar parkir saja," tutur Laila (20) dan Irmah Lia (17) yang karyawati minimarket seraya berselfie dengan latar belakang pegunungan.

Hal senada disampaikan Ina (32), warga Sraten, Tuntang, yang datang bersama temannya, Mina (32), warga Pringapus. Keduanya mengetahui ada sabana di Rawa Pening dari teman dan Instagram.

Viral Mendadak, Ini Dia New Sabana Rawa PeningPendangkalan rawa ini merupakan fenomena alam yang jarang terjadi (Eko/detikTravel)

Sementara itu, Koordinator Wisata New Sabana Rawa Pening, Agus Alwi mengatakan, terjadinya New Sabana Rawa Pening ini karena fenomena alam dan tidak terjadi tiap tahun sekali.

"Terjadinya kayak fenomena alam, kebetulan juga tidak tiap tahun sekali. Ini baru ada sekitar 12 tahun sekali. Tiap tahun ada pendangkalan seperti ini, tapi terjadinya kadang enceng gondok-enceng gondok yang penuh," kata Agus saat ditemui di New Sabana Rawa Pening.

"Ini dulunya tempat air, terus kemudian bisa terjadi seperti ini. Adanya kalau kemaraunya agak panjang, kalau kemarau cuma 2 bulan nggak ada. Ini kan padang rumput," tuturnya.

Viral Mendadak, Ini Dia New Sabana Rawa PeningPengunjung cukup bayar parkir saja (Eko/detikTravel)

Bagi pengunjung yang datang, katanya hanya cukup membayar parkir yang dikelola karang taruna setempat tergabung dalam Irmak. Untuk uang parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Pihaknya berharap agar jangan segera turun hujan mengingat antusiasme warga yang datang sangat ramai.

"Harapannya karena antusiasme warga yang ke sini sangat banyak, kita juga berharap sama cuaca. Harapan kami agar jangan hujan dulu karena kalau hujan terus-menerus akan jadi rawa kembali," kata dia. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED