Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Sep 2018 07:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hatusaka, Gua Terdalam di Indonesia dari Maluku Tengah

Bona
detikTravel
Foto: (Dok. Mapala UI)
Foto: (Dok. Mapala UI)
Maluku Tengah - Banyak yang belum tahu, kalau Maluku punya gua terdalam di Indonesia. Bernama Hatusaka, inilah gua terdalam Indonesia dan tertinggi di Maluku.

Gua Hatusaka berada di Taman Nasional Manusela, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku . Gua ini adalah yang terdalam di Indonesia, seperti yang dilihat dari akun resmi Taman Nasional Manusela, Senin (24/9/2018).

Taman Nasional Manusela merupakan kawasan konservasi yang meliputi 75 persen Kabupaten Maluku Tengah. Taman nasional ini meliputi, Gunung Binaya setinggi 3.027 mdpl, hutan sampai Gua Hatusaka.

Nama Hatusaka diberikan oleh masyarakat adat Negeri Saleman. Hatu artinya batau atau gunung, sedangkan saka artinya tiang atau bisa diartikan pusaka. Sehingga Hatusaka berarti gunung pusaka.

Bentuk dari Hatusaka adalah gua vertikal. Sehingga tak hanya dalam, gua ini juga sangat tinggi. Menurut catatan sejarah, Hatusaka pertama kali di dipetakan oleh tim ekspedisi gua gabungan dari Amerika, Inggris, Prancis, dan Australia tahun 1996.
View this post on Instagram

"Menjejak Dasar Goa Terdalam Di Indonesia" Taman Nasional Manusela memiliki obyek alam fenomenal yakni Gua Hatusaka, gua vertikal terdalam di Indonesia saat ini, berada di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, dijelajahi dan dipetakan pertama kali oleh tim ekspedisi goa gabungan dari Amerika, Inggris, Perancis dan Australia tahun 1996, namun gagal, baru berhasil mencapai dasar goa pada tahun 1998. Pada tahun 2011, @ASC.jogja melakukan percobaan pertama melalui kegiatan Ekspedisi Speleologi Seram. Upaya ini terhenti di kedalaman -190 m karena air sungai membanjiri lorong goa. Tim ekpedisi goa dari Italia pada tahun 2016 berhasil sebagai tim kedua yang mencapai dasar, dipimpin oleh Andrea Benassi ini juga memetakan satu segmen lorong goa. Termotivasi oleh keberhasilan tim Italia, tahun 2017 Mapala UI melakukan upaya mencapai dasar, namun gagal di kedalaman -220 karena banjir memasuki lorong goa. Fakta bahwa ekspedisi sebelumnya belum banyak mengungkap data dan informasi mengenai karateristik lain dari Gua Hatusaka, menggerakkan Balai Taman Nasional Manusela melakukan ekspedisi guna mengungkap potensi gua lebih lengkap. Selain itu, misi terpenting dari ekspedisi ini adalah menjejakkan orang Indonesia pertama di dasar goa terdalam di negeri ini, dengan menggandeng Acintyacunyata Speleological Club (ASC), perkumpulan penjelajah gua ternama di negeri ini. Tanggal 6 Agustus 2018, Tim berhasil menjadi tim Indonesia pertama yang mencapai dasar Goa Hatusaka, juga berhasil memutakhirkan data mengenai kedalaman total dan luas ruangan di dasar goa serta tentang flora-fauna dan karakter lainnya. Berdasarkan hasil pengukuran terkini, kedalaman gua mencapai 424 m, sedikit lebih dalam dari angka yang diacu selama ini. Keberhasilan ini menjadi hadiah BTN Manusela dan ASC untuk HUT Kemerdekaan RI ke 73 dan sekaligus memberi bukti sejarah bahwa anak bangsa ini mampu bersaing dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. #klhk #kemenlhk #ksdae #tamannasional #nationalpark #ayoketamannasional #manusela #tamannasionalmanusela #manuselanationalpark #guahatusaka #pulauseram #seramisland #speleologi #konservasi #konservasi_ksdae #forest #fathinhanana #jaguargiring

A post shared by Taman Nasional Manusela (@tnmanusela) on Aug 15, 2018 at 4:34am PDT




Namun ekspedisi tersebut gagal dan baru berhasil menyentuh dasar gua pada tahun 1998. Setelah diukur, Hatusaka memiliki diameter sekitar 100 meter dan kedalaman 424 meter. Sehingga Hatusaka mendapat peringkat sebagai gua yang terdalam di Indonesia.

Saking dalamnya, traveler bisa melihat kumpulan kabut yang berada di leher gua. Ekspedisi pun seringkali gagal karena adanya banjir.

Indonesia sendiri baru berhasil berhasil melakukan ekspedisi hingga dasar gua pada tanggal 6 Agustus 2018. Wah!

Dasar Hatusaka merupakan kawasan yang kaya akan batu gamping. Kawasan ini memiliki potensi besar dalam kegiatan speleologi. Yuk, kita jaga dan lestarikan kekayaan alam kita dengan tidak membuang sampah sembarangan!



Saksikan juga video 'Ada Goa Setan di Pulau Kei?':

[Gambas:Video 20detik]

(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA