Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Sep 2018 08:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ayo ke Dompu! Ada Pacuan Kuda Pantai yang Seru

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Dompu - Kuda Sumbawa memang legendaris dan membuat wisatawan ingin datang melihatnya. Cocok nih, sekarang lagi digelar pacuan kuda pantai yang seru

Berbicara tentang kuda, pastilah Sumbawa jago-nya. Selain karena susu kudanya yang sangat berkhasiat, Kuda Sumbawa juga terkenal dengan kekuatannya dalam berlari. Tak heran jika di Kabupaten Dompu, setiap tahun digelar Lomba Pacuan Kuda.

Jika pada umumnya pacuan kuda digelar di arena atau di gelanggan pacuan khusus, berbeda dengan yang dilakukan oleh pemuda Kecamatan Manggelewa. Pacuan kuda digelar di Pantai Desa Nanga Tumpu, Kabupaten Dompu . Sebuah desa yang miliki potensi wisata bahari ini.

Bisa dibayangkan bukan, bagaimana kuda memacu kecepatan berlarinya dipasir. Pastinya bakal seru dan heboh.

Ayo ke Dompu! Ada Pacuan Kuda Pantai yang SeruFoto: undefined

Pacuan Kuda Pantai adalah event untuk memperingati hari jadi Kecamatan Manggelewa. Sebuah Kecamatan yang terkenal dengan sejarah perangnya melawan penjajah di masa lalu.

Acara ini rencananya akan berlangsung hingga empat hari kedepan. Kuda-kuda dari Kabupaten Dompu dan Kabupaten Kota Bima akan bertanding di lokasi arena unik ini.

"Ini merupakan kedua kalinya kita gelar lomba pacuan kuda pantai. Selain untuk memperingati hari jadi Kecamatan Manggelewa, juga untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Desa Nanga Tumpu ini," kata salah seorang Pemuda Nanga Tumpu, M Takdir Ompu Lembo pada detikTravel, Minggu (23/09/2019).

Ayo ke Dompu! Ada Pacuan Kuda Pantai yang SeruFoto: undefined

Pacuan kuda pantai resmi dibuka pada Minggu sore, dan akan berlangsung hingga Kamis mendatang. Jika tidak ingin kehilangan moment unik ini, wisatawan https://www.detik.com/tag/wisatawan/ yang sedang atau mau traveling ke NTT harus segera agendakan untuk mampir ke Dompu. (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED