Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Okt 2018 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Nisa Pudu yang Eksotis di Sumbawa

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Pulau Nusa Pudu di Sumbawa (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Pulau Nusa Pudu di Sumbawa (Faruk Nickyrawi/detikTravel)
Dompu - Keindahan Sumbawa tidak hanya memikat wisatawan domestik namun juga mancanegara. Di sana ada Pulau Nisa Pudu, pulau kecil nan cantik.

Tahukah traveler, jika ada satu tempat yang keindahannya hampir sama dengan Tiga Gili yang ada di Pulau Lombok ? Yaitu Pulau Nisa Pudu. Pulau ini berada di Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebuah pulau yang keindahan panorama lautnya bagaikan surga, karang dan ikan kecil berbagai jenis hidup tentram di dasarnya. Bisa kita jamah tanpa mengganggu dengan cara snorkling. Sangat seksi dan eksotis. Rasanya tak mau pulang kalau sudah berada di tempat ini.

Keberadaanya memang tidak sepopuler Gili Trawangan, Gili Air ataupun Gili Manu di Lombok. Tetapi keindahannya memang tidak kalah dari itu. Ini adalah bukti bahwa alam Dompu itu Indah.

(Faruk Nickyrawi/detikTravel)(Faruk Nickyrawi/detikTravel) Foto: undefined


Untuk bisa sampai di tempat ini, traveler bisa menyewa perahu nelayan setempat. Cukup mengeluarkan bugdet sebesar Rp 300 ribu saja, nelayan akan mengantar dan menjemput kembali traveler dan rombongan.

Jarak tempuhnya hanya 30 menit saja. Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani oleh hiu-hiu kecil, kalau sedang beruntung. Mendekati bibir pulau , akan dikejutkan dengan perubahan warna air laut yang tadinya warna biru menjadi warna hijau tosca dengan pasir putih. Cantik sekali!

Jangan ditanya soal kondisi air lautnya, jernih bagaimana kaca. Dasar lautnya sangat kontras sehingga bisa memanjakan mata.

(Faruk Nickyrawi/detikTravel)(Faruk Nickyrawi/detikTravel) Foto: undefined


Ada dua gugusan bukit yang lokasinya sangat berdekatan di pulau ini. Satu ukuran dan satu lagi berukuran besar yang penuh dengan rerumputan hijau dan beberapa pohon kayu yang berdiri ditengahnya.

Menyelisik dari namanya, Nisa Pudu merupakan bahasa lokal Dompu. Nisa berarti pulau, Pudu atau Sapudu berarti segenggam, sepucuk, segumpalan, secuil.

Tak heran jika diberi nama Nisa Pudu, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sedang-sedang saja. Hanya butuh waktu 10 menit untuk bisa jalan mengelilingi pulau cantik ini.

Masukkan nama Nisa Pudu dalam agenda jalan-jalan traveler ya. Kalian bisa mendarat di Bandara Sultan Muhammad Salahudin Bima. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan travel, kurang dari tiga jam perjalanan, kamu akan sampai di Kempo.


(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED