Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Okt 2018 12:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 4 Kota yang Asyik untuk Wisata Batik

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Membatik di Pekalongan (Robby Bernardi/detikTravel)
Foto: Membatik di Pekalongan (Robby Bernardi/detikTravel)
Cirebon - Hari Batik Nasional diperingati setiap 2 Oktober. Memperingati Hari Batik, traveler bisa berlibur sambil wisata batik di berbagai kota ini.

Mumpung masih suasana Hari Batik Nasional, yuk lihat lagi aneka destinasi wisata batik, di mana traveler bisa kenal lebih dekat soal motif, cara membatik sekaligus belanja kain buat oleh-oleh.

Dirangkum detikTravel, Selasa (2/10/2018), berikut ini 4 kota yang asyik buat wisata batik:

1. Cirebon
(Sudirman Wamad/detikTravel)(Sudirman Wamad/detikTravel)
Kalau traveler ke Cirebon, sempatkan mampir ke Desa Trusmi. Pusat grosir batik dengan parkiran luas dan jejeran butik-butik batik dari yang sederhana sampai mewah ada di sini. Nah, batik Trusmi ini punya motif utama bernama mega mendung.

Motif awan ini merupakan akulturasi budaya China dan Islam sejak era Wali Songo. Motif mega mendung terus dijaga sampai sekarang, namun kemudian lahir aneka variasi warna, motif dan bahan. Produk turunan mulai aneka jenis busana, sampai pernak-pernik batik juga tersedia.

2. Pekalongan
(Robby Bernardi/detikTravel)(Robby Bernardi/detikTravel)
Bicara soal wisata batik rasanya tak lepas dari Pekalongan di Jawa Tengah. Traveler yang ingin tahu lebih banyak soal kain batik, bisa mengunjungi Museum Batik. Lokasinya di Jalan Jatayu No 3.

Museum Batik Pekalongan terbagi menjadi tiga ruang pameran yang menyimpan koleksi batik, ruang perpustakaan, audio visual yang menampilkan sejarah batik, kedai batik, hingga tempat pembuatan batik yang boleh diikuti oleh siapa saja. Traveler pun bisa belajar membatik di sini. Asyik!

Puas wisata museum, saatnya belanja. Salah satu destinasi favorit buat belanja batik adalah Pasar Grosir Sentono. Inilah sentra batik yang menjual kemeja, celana hingga aneka kerajinan batik. Selain itu bisa juga ke Pasar Banjarsari maupun International Batik Center (IBC).

3. Solo
(Wahyu/detikTravel)(Wahyu/detikTravel)
Jalan-jalan di Solo kurang lengkap tanpa ke Kampung Batik Laweyan dan Kauman. Untuk di Kampung Batik Laweyan misalnya, menempati lahan seluas kurang lebih 24 hektar yang terdiri dari 3 blok. Berkeliling di sana bisa sambil jalan kaki maupun naik becak.

Jejeran industri batik rumahan menjadi pemandangan umum di sini, begitu dengan aneka toko batik. Sebaiknya traveler datang di pagi hari, sehingga lebih puas melihat seperti apa langkah-langkah pembuatan batik tulis, termasuk pencelupan hingga penjemuran kain.

4. Yogyakarta
(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
Satu lagi daerah yang asyik buat wisata batik, yaitu Yogyakarta dan sekitarnya. Yang wajib dikunjungi kalau mau wisata batik adalah Kampung Batik Giriloyo. Kampung ini berlokasi di Kecamatan Imogiri, Bantul, sekitar 9 km arah selatan Yogyakarta.

Sebagai sentra batik tulis, berbagai motif batik klasik mudah dijumpai di sini. Terdapat puluhan butik yang menjadi tempat menjual berbagai produk batik. Butik dilengkapi pula dengan tempat membatik, sehingga pengunjung dapat melihat proses pembuatan batik lebih dekat.

Nah, selanjutnya kalau mau puas belanja batik, ada lagi sejumlah destinasi yang sayang dilewatkan. Mulai dari Pasar Beringharjo, Malioboro, hingga Mirota Batik. Untuk Mirota Batik, salah satu tokonya ada di ujung jalan Malioboro. Tentunya mudah dijangkau turis.




Tonton juga 'Menelusuri Perjalanan Batik di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA