Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Okt 2018 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yuk Kenalan! Inilah Tubo, Batik Cantik Asal Ternate

Bona
detikTravel
Batik Tubo dari Ternate (Wahyu/detikTravel)
Batik Tubo dari Ternate (Wahyu/detikTravel)
Ternate - Batik sangat lekat dengan budaya Indonesia. Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, yuk kenalan dengan Tubo, batik asli Ternate yang cantik.

Kain Batik tak hanya milik satu etnis saja. Indonesia bagian timur juga punya motif batik yang tak kalah cantik. Inilah Tubo, motif batik yang khas dari Ternate.

Dirangkum detikTravel, Selasa (2/10/2018), Tubo adalah batik khas Ternate. Nama Tubo sendiri adalah sebuah kampung di Ternate. Tubo dibuat sejak tahun 2010 oleh Kustalani Syakir.

Batik Tubo yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari warga Maluku Utara. Motifnya segar dan unik, seperti bunga cengkeh, pala atau bahkan bentuk pulau.

Tak hanya itu, ada pula motif ikan, burung bidadari Halmahera hingga pisang bebe. Motif-motif ini menggambarkan kedekatan warga Maluku Utara dengan alam Indonesia.

Itu baru motif saja. Bicara warna, Tubo memiliki kesan berani dan kuat. Warna yang diberikan pada Tubo seperti memiliki gradasi.

Teknik pewarnaannya dibuat ombre dengan gabungan warna cerah. Ada warna merah yang berpadu dengan kuning, hijau dan toska. Traveler akan dibuat segar dengan motif Tubo yang colorful.

Proses pembuatan Tubo sama seperti batik di Jawa. Canting dan cap jadi alat untuk membuat batik indah ini.

Kain batik Tubo dihargai dengan kisaran Rp 250.000 per lembarnya. Harga kain bisa lebih mahal atau murah, tergantung dari bahannya.

Traveler yang liburan di Ternate bisa membeli kain Tubo di toko suvenir Rumah Oleh-oleh Khas Maluku Utara. Selamat Hari Batik Nasional! (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA