Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Nov 2018 08:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

3 Tempat di Jakarta yang Bikin Kamu Lebih Kebal Adu Domba Medsos

Museum Kebangkitan Nasional di Jalan Menteng (Randy/detikTravel)
Jakarta - Masih dalam euforia Sumpah Pemuda, ini 3 tempat yang bikin kamu makin cinta Indonesia. Kamu pun akan lebih kebal dari adu domba medsos yang menyebalkan.

Mundur ke 28 Oktober 1928, ibukota Jakarta menjadi saksi bisu dari momen Sumpah Pemuda . Kamu yang ingin mengenal lebih jauh pun bisa memaknainya dengan berkunjung ke sejumlah museum.

Dalam acara bertajuk 'Sumpah Pemuda Heritage Tour' yang diselenggarakan oleh Archipelago Internasional, Rabu (31/10/2018), detikTravel pun berkesempatan mengunjungi 3 museum yang erat dengan momen tersebut. Berikut di antaranya:

1. Museum Sumpah Pemuda

3 Tempat di Jakarta yang Bikin Kamu Lebih Kebal Adu Domba MedsosFoto: Johanes Randy
Tak ada tempat terbaik untuk memaknai momen Sumpah Pemuda selain di Museum Sumpah Pemuda. Ya, museum ini menjadi saksi dari dibacakannya hasil kongres Pemuda II yang jadi cikal bakal naskah Sumpah Pemuda.

Dahulu, gedung ini berfungsi sebagai tempat kost-kostan milik seorang Tionghoa bernama Sie Kong Lion. Anak kostnya adalah para pelopor pergerakan nasional Indonesia dari kaum muda, seperti Muhammad Yamin, Amir Sjarifuddin, Soegondo Djojopoespito dan lainnya.

Fakta menarik lainnya, di gedung ini lagu Indonesia Raya gubahan WR Supratman dikumandangkan untuk pertama kalinya. Hanya irama tanpa lirik, tapi sudah membuat waswas pemuda akibat kehadiran polisi Belanda kala itu.

Museum Sumpah Pemuda terletak di Jalan Kramat raya No 106, Jakarta Pusat. Buka Selasa - Kamis, Sabtu - Minggu dari pukul 08.00-16.00 WIB. Jumat pada pukul 08.00-16.30 WIB dan libur hari Senin dan hari besar. Harga tiketnya adalah Rp 2.000 untuk perorangan.

2. Museum MH Thamrin

3 Tempat di Jakarta yang Bikin Kamu Lebih Kebal Adu Domba MedsosFoto: (Randy/detikTravel)
Berlokasi di Jalan Menteng Raya No 31, Jakarta Pusat, berdiri Museum MH Thamrin. Sosok pahlawan yang satu ini memang tidak terlibat langsung dengan Kongres Pemuda dan Sumpah Pemuda, tapi ikut andil dalam pergerakan nasional Indonesia.

Gedung yang jadi lokasi museumnya berdiri pun merupakan kepunyaan MH Thamrin, di mana gedung tersebut sempat difungsikan sebagai tempat kongres Partai Nasional Indonesia (Parindra) di tahun 1928.

Aktif dalam panggung politik, diketahui ia sempat bekerja di Kantor Kepatihan Batavia, anggota Dewan Kota (Gemeenteradn) hingga Dewan Rakyat (Volksraad). Dari posisi itu lah ia banyak mmebantu dan berjuang untuk kesejahteraan rakyat hingga akhir hidupnya.

Museum MH Thamrin buka dari Selasa-Minggu dari pukul 09.00-16.00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 5.000 untuk wisatawan dewasa, Rp 3.000 untuk mahasiswa dan Rp 2.000 untuk pelajar.

3. Museum Kebangkitan Nasional

3 Tempat di Jakarta yang Bikin Kamu Lebih Kebal Adu Domba MedsosFoto: Johanes Randy
Museum terakhir untuk memaknai semangat Sumpah Pemuda adalah Museum Kebangkitan Nasional di Jalan Dr Abdul Rahman Saleh No 26, Jakarta Pusat. Diketahui, organisasi pemuda pertama Indonesia Boedi Oetama lahir di museum ini.

Dahulu, Museum Kebangkitan Nasional merupakan gedung dari sekolah kedokteran pertama di Indonesia yang dikenal dengan nama STOVIA (School tot Opleiding van Indlansdche Arsten). Dalam prosesnya, STOVIA adalah cikal bakal dari Fakultas Kedokteran UI di Salemba.

Di salah satu ruangannya, traveler bisa napak tilas kisah lahirnya organisasi kepemudaan Boedi Oetama (Budi Utomo) yang diprakarsai oleh Raden Soetomo.

Museum Kebangkitan Nasional buka hari Selasa-Minggu dari pukul 08.00-16.00 WIB dan libur hari Senin dan tanggal merah. Harga tiketnya adalah Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Ayo kita datangi 3 museum ini saat liburan akhir pekan mendatang! (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA