Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Nov 2018 09:33 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hotel Mewah yang Ramah Lingkungan di Nusa Dua, Bali

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Hotel Melia di Nusa Dua, Bali (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Hotel Melia di Nusa Dua, Bali (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)
Nusa Dua - Sustainable tourism makin menjadi perhatian pelaku wisata. Di Nusa Dua, Bali, ada hotel mewah dengan konsep ramah lingkungan dan rendah emisi karbon.

Pekan lalu detikTravel menyambangi Hotel Melia Bali di Nusa Dua, Bali. Dari sekian banyak hotel mewah yang bertebaran di kawasan yang sama, hotel ini punya konsep menarik untuk traveler yang peduli dengan lingkungan dan kelestarian alam.

Nuansa Bali yang kental mewarnai hotel ini sejak kita masuk ke dalam lobi dengan mural bertema Bali di langi-langit lobi yang tinggi tanpa dinding. Sehingga angin sepoi-sepoi bisa kita rasakan.

Hotel ini luasnya sekitar 9,7 hektar dengan taman dan kolam ikan bertebaran di sana-sini menambah hijau suasana sampai ke tepi pantai. Ada 494 kamar dengan 10 tipe antara lain Melia Guestroom, Premium Room with Garden View, Family Room, Premiere Lagoon Access Room, THE LEVEL Premiere Lagoon Access Room, THE LEVEL Junior Sute, THE LEVEL Romance Suite dan THE LEVEL Executive Suite serta 10 Garden Villa. Harga kamarnya mulai dari Rp 1,7 juta++/malam.

Kamar di Hotel Melia Bali (Fitraya/detikTravel)Kamar di Hotel Melia Bali (Fitraya/detikTravel)

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan tamu karena fasilitas yang lengkap. Ada YHI Spa, ruang meeting, kelas yoga, kelas memasak, kid club serta aktivitas budaya seperti membuat canang sari dan penjor khas Bali. Kami sempat ikutan aktivitas membuat canang sari dan penjor. Sambil membuatnya, peserta akan diajarkan mengenai nilai-nilai kebudayaan Bali yang luhur.

Untuk urusan makan, para wisatawan yang menginap akan sangat dimanjakan dengan banyak pilihan. Ada Melia Bali Bar, Sakura Japanese Restaurant, El Patio Coffee Shop, Lotus Asian Garden Restaurant, Sateria Beachside Restaurant dan karena Melia ini dari Spanyol, maka mereka juga punya Sorrento Spanish Restaurant and Tapas.

Masakan Paella khas Spanyol (Fitraya/detikTravel)Masakan Paella khas Spanyol (Fitraya/detikTravel)

"Kami menyajikan kuliner khas Spanyol seotentik mungkin di sini untuk para tamu kami," kata Executive Chef Melia Bali, I Ketut Sumerta.

Di balik semua kemewahan ini, rupanya ada konsep yang tidak kalah pentingnya. Hotel Melia Bali memperhatikan aspek ramah lingkungan dan rendah emisi karbon. Konsep inilah yang mereka namakan sebagai KM Zero yang artinya memakai produk lokal.

Konsep KM Zero yang ramah lingkungan (Fitraya/detikTravel)Konsep KM Zero yang ramah lingkungan (Fitraya/detikTravel)

"Konsep KM Zero adalah kita mencoba memenuhi semua kebutuhan hotel dari restoran, spa, makanan untuk tamu dan lain-lain, semuanya kita beli dari komunitas lokal untuk mendukung mereka," kata Resident Manager Melia Bali, Charlotte Fournier.

Dengan mengurangi impor bahan kebutuhan hotel, berarti mereka juga mengurangi emisi karbon dan mendukung pariwisata berkelanjutan. Fournier juga menjelaskan KM Zero ini konsep yang dilakukan Hotel Melia di seluruh dunia. Hotel dioperasikan dengan ramah lingkungan dan hemat energi.

"Kami sekarang menyiram rumput malam hari, karena lebih menghemat air. Untuk makanan juga ada menu sehat bernama Balance Program. KM Zero sudah berjalan setahun dan cocok dengan filosofi Tri Hita Karana. Kami dapat respons positif dari para tamu," kata Fournier.

Resident Manager Melia Bali, Charlotte Fournier (Fitraya/detikTravel)Resident Manager Melia Bali, Charlotte Fournier (Fitraya/detikTravel)
(bnl/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED