Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Nov 2018 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Papua Barat Punya Raja Ampat, Bali Punya Raja Lima

Syanti Mustika
detikTravel
Raja Lima Nusa Penida, Bali (Syanti/detikTravel)
Raja Lima Nusa Penida, Bali (Syanti/detikTravel)
Nusa Penida - Papua Barat punya Raja Ampat, Bali punya Raja Lima. Gugusan pulau cantik ini patut kamu kunjungi untuk liburan akhir tahun.

Bali memang punya banyak destinasi cantik yang menarik jutaan mata wisatawan. Nah, jika kamu mencari ide untuk liburan akhir tahun ini, berkunjung saja ke Nusa Penida, Bali. Di sana ada gugusan pulau cantik seperti Raja Ampat yang bernama Raja Lima.

detikTravel bersama Pegipegi berkunjung ke Bali dalam rangka campaign Jelajahi Indonesiamu. Kami pun berkunjung ke Nusa Penida bagian timur, Kamis (15/11/2018) kemarin. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Raja Lima.

Kebanyakan traveler yang datang ke Nusa Penida pasti berkunjung ke bagian barat, dimana terdapat Pantai Kelingking dan Broken Beachyang sangat populer di media sosial. Kamu juga harus berkunjung ke bagian timur yaitu ke Raja Lima atau Molenteng.

Papua Barat Punya Raja Ampat, Bali Punya Raja LimaFoto: (Syanti/detikTravel)



"Kamu sering kan melihat di Instagram, foto rumah pohon dengan latar laut dan pulau-pulau? Itu adalah adalah rumah pohon di Raja Lima atau warga Bali menyebutnya Molenteng," ungkap Putu Reza, guide yang menemani rombongan selama di Bali.

Untuk menuju ke Raja Lima, traveler harus menyeberang dahulu dari Pelabuhan Sanur, Denpasar ke Pelabuhan Banjar Nyuh di Nusa Penida. Lama menyeberang kira-kira 45 menit.

Sesampai di Pelabuhan Banjar Nyuh, perjalanan dilanjutkan dengan mobil atau motor dengan lama perjalanan sekitar 75 menit. Jalanan berkelok, mendaki dan menurun akan menemani kamu untuk menuju ke destinasi ini.


Papua Barat Punya Raja Ampat, Bali Punya Raja LimaFoto: (Syanti/detikTravel)


Sesampai di lokasi kamu akan disambut oleh hamparan laut biru dengan deburan ombak di bawah tebingnya. Tiket masuk ke Molenteng pun hanya Rp 5.000 saja untuk domestik dan Rp 10 ribu untuk turis asing.

Dari ketinggian kamu akan dihipnotis dengan formasi pulau yang mengingatkan kita ke Piaynemo, Raja Ampat. detikTravel beruntung karena cuaca saat berkunjung sangat cerah. Hingga sangat terlihat jelas birunya laut, hijaunya rerumputan, bersihnya langit biru dan pantai berpasir putih dari kejauhan. Sangat cantik!

Dari atas tebing ini juga kamu bisa melihat rumah pohon yang berada di bawah tebing. Kamu harus turun ke bawah untuk menuju ke rumah pohon yang sangat terkenal ini.

Untuk menuju ke bawah, butuh tenaga ekstra karena kamu akan melewati anak tangga yang cukup curam sekitar 15 menit. Untungnya anak tangga ini telah ditembok dan dipinggirannya terdapat tali tambang untuk pegangan. Namun tetap harus hati-hati menuruninya.

Papua Barat Punya Raja Ampat, Bali Punya Raja LimaFoto: (Syanti/detikTravel)


Selama menuruni anak tangga, kamu akan disajikan pemandangan yang eksotis. Silahkan berhenti sejenak untuk foto-foto ya.

Sesampai di bawah traveler akan menemukan dua rumah pohon dan 1 pondokan yang langsung menghadap ke laut. Rumah pohon ini disewakan lho, harganya Rp 350 ribu per malamnya.

Nah, di rumah pohon inilah biasanya traveler yang berkunjung hunting foto. Beragam angle menarik pun dapat dilihat di media sosial. Sungguh, di sini sangat cantik!

Setelah puas foto-foto di Rumah Pohon, traveler cobalah naik lagi ke atas. Dari sini pemandangannya ke semua gugusan pulau terlihat jelas. Dari sini kamu bisa melihat Pantai Diamond yang juga populer di Instagram.

Perlu nih traveler perhatikan, sarapanlah sebelum pergi karena butuh tenaga untuk ke sini. Apalagi kamu nantinya akan menuruni tebing yang cukup tinggi dan akan naik lagi. Walau sangat melelahkan, namun pemandangan yang didapatkan terbayar tuntas! (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED