Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Nov 2018 10:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Indahnya Curug Jaksa di Bogor yang Dipercaya Bikin Enteng Jodoh

Akfa Nasrulhaq
detikTravel
Foto: Kolam di bawah Curug Jaksa (Dok. Taman Safari)
Foto: Kolam di bawah Curug Jaksa (Dok. Taman Safari)
Bogor - Ternyata di dalam Taman Safari Indonesia Bogor juga ada curug yang dinamakan Curug Jaksa. Lokasinya tidak begitu jauh dari pintu masuk. Untuk mencapai curug ini, pengunjung bisa menggunakan kereta wisata terbuka dengan membayar Rp 25 ribu atau berjalan kaki.

"Lokasinya di dekat venue Cowboy Show, jadi masih ke atas lagi, jarak tempuhnya sekitar 1,5 km dari pintu masuk utama. Nah dari tempat Coboy Show itu ke atas lagi, ada tempat parkir khusus Curug Jaksa dan dari situ kita bisa jalan kaki sekitar 500 meter," ujar Marketing Communication & Edukasi Riyani Puspitasari Amallo, saat dihubungi detikTravel, Kamis (22/11/2018).

Ketinggian Curug Jaksa mencapai 45 meter. Dengan aliran air yang tidak terlalu deras membuat pengunjung tidak hanya berfoto, tapi juga bisa bermain air di bawah curug.

"Curug Jaksa keistimewaannya itu gratis karena sudah termasuk dari fasilitas Taman Safari Bogor. Di bawah Curug juga ada kolam yang tidak terlalu dalam sehingga anak-anak pun bisa bermain air," kata Riyani.


Air Curug Jaksa sangat sejuk karena berasal dari kaki Gunung Gede Pangrango. Jika beruntung pengunjung juga bisa melihat satwa-satwa liar asli dari Gunung Gede Pangrango.

"Biasanya ada sejenis permata seperti lutung hitam, ada juga surili Jawa. Burung-burung asli juga masih banyak seperti burung kacamata yang sekarang sudah jarang ditemukan di luar. Bisa juga menemukan spesies bunga bangkai di sekitar curug," ungkapnya.

Indahnya Curug Jaksa di Bogor yang Dipercaya Bikin Enteng JodohFoto: Curug Jaksa di kawasan Taman Safari Bogor (Dok. Taman Safari)

Curug ini dinamakan Curug Jaksa karena dipercaya bahwa dahulu ada seorang jaksa yang bersemedi di lokasi tersebut.

"Kenapa dinamakan Curug Jaksa karena kepercayaan penduduk sekitar kaki Gunung Gede Pangrango. Jadi pada zaman dulu itu banyak jaksa yang mandi di tempat itu supaya mereka berhasil dalam pekerjaannya, makanya dinamakan Curug Jaksa," katanya.


Curug ini juga dipercaya bisa menjadikan seseorang enteng kodoh. Konon, jika pengunjung yang datang membasuh wajah dengan air Curug Jaksa maka akan memudahkan dalam mencari jodoh, bikin awet muda, dan dimudahkan rezekinya.

Untuk fasilitas lainnya, Taman Safari Bogor menyediakan kantin dan rest room untuk mengganti pakaian dan membersihkan diri. Pengunjung disarankan bermain di Curug Jaksa maksimal hanya sampai pukul 17.00 WIB karena pada jam tersebut kabut sudah turun dan bisa menganggu penglihatan.



Tonton video 'Warning! Air Terjun Jompong Terkontaminasi Zat Berbahaya':

[Gambas:Video 20detik]

Indahnya Curug Jaksa di Bogor yang Dipercaya Bikin Enteng Jodoh
(idr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED