Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Nov 2018 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ingat Pura Uluwatu, Jadi Pengen ke Bali Lagi

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (Syanti/detikTravel)
Foto: (Syanti/detikTravel)
Badung - Liburan ke Bali memang penuh kenangan. Pura Uluwatu, Tari Kecak dan sunset menawan tidak bisa dilupakan. Rasanya ingin liburan ke sana lagi.

Bicara wisata Bali memang tidak ada habisnya. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati alam dan pantainya saja, namun juga bisa melihat dan merasakan langsung kentalnya budaya di Bali. Coba deh kamu berkunjung ke Pura Uluwatu.

Akhir pekan lalu, detikTravel ke Bali dan berkunjung ke Pura Uluwatu. Pura ini sangat populer di kalangan turis karena posisinya berada di pinggir tebing. Juga pemandangan di sekitarnya yang cantik.

Pura Uluwatu berada di Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Bila berangkat dari Kota Denpasar, memakan waktu sekitar 70 menit menggunakan mobil (jarak 30 Km).

(Syanti/detikTravel)(Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Sesampainya di lokasi, traveler tidaklah langsung berjumpa dengan pura. Di gerbang masuk traveler harus membayar Rp 20 ribu untuk masuk dan berkeliling. Juga traveler diharuskan memakai kain jika memakan celana di atas lutut. Sedangkan pengunjung yang berpakaian tertutup akan diberikan selendang untuk dililitkan di pinggang.

Pura Uluwatu berada di ketinggian 97 mdpl. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut Alas Kekeran yang berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Jadi jangan heran, terdapat puluhan monyet berkeliaran di kawasan ini.
 (Syanti/detikTravel) (Syanti/detikTravel) Foto: undefined

Guide yang menemani detikTravel mengingatkan untuk berhati-hati selama berkeliling kawasan hutan ini. Karena monyet-monyet di kawasan Pura Uluwatu terkenal dengan nakalnya.

Mereka suka mengambil bahkan merebut barang-barang wisatawan seperti ponsel, kacamata, gelang, selendang dan benda-benda kecil dan unik lainnya. Jadi traveler yang berkunjung diharapkan untuk waspada terhadap barang bawaannya.

Setelah berjalan sekitar 50 meter dari pintu masuk, traveler akan sampai di pinggir tebing dengan hamparan laut luas. Juga terdengar deburan ombak yang menghempas bawah tebing.

Terdapat beberapa spot foto di pinggir tebing yang bisa traveler gunakan. Tenang saja, aman kok. Karena dipagari dengan besi dan tembok yang kokoh. Jadi wisatawan bisa dengan santai berfoto dengan latar hamparan laut.

(Syanti/detikTravel)(Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Menjelang sore, wisatawan yang datang semakin ramai. Mereka berkeliling tepian tebing sembari berfoto dan menuju ke arah pura.

Tidak sembarangan orang bisa masuk ke dalam pura ini. Hanya untuk orang sembahyang saja. Turis hanya boleh melihat dari luar saja dan diperbolehkan berfoto di sekitar pura. Pemandangan di sekitar ini sangat kece!

Selain pemandangannya, Pura Uluwatu juga terkenal dengan penampilan Tari Kecaknya. Terdapat panggung berbentuk arena (setengah lingkaran) di tepi tebing yang langsung menghadap ke arah laut lepas. Juga di sini traveler bisa menikmati sunset yang menawan.
 (Syanti/detikTravel) (Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Untuk bisa menyaksikan Tari Kecak sekaligus sunset yang menawan, traveler perlu membayar Rp 100 ribu untuk masuk ke area panggung. Tari Kecak ditampilkan biasanya pukul 18.00 Wita sore.

Nah, bagi traveler yang ingin menonton Tari Kecak dan ingin mendapatkan spot menonton terbaik, masuklah ke kawasan panggung pada pukul 17.00 Wita sore. Biasanya pengunjung belum ramai, jadi traveler bisa memilih tempat duduk yang pas untuk melihat Tari Kecak dan sunset.

(Syanti/detikTravel)(Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Tari Kecak berlangsung sekitar 50 menit. Percayalah, traveler akan dibuat kagum dengan penampilan dan cerita Ramayana yang dimainkan. Ditambah lagi dengan aksi kocak Hanoman yang mengundang tawa penonton. Ayo, liburan ke Bali lagi.



Tonton juga 'Bersantai di Pantai Melasti Uluwatu Bali':

[Gambas:Video 20detik]



Ingat Pura Uluwatu, Jadi Pengen ke Bali Lagi
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA