Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Nov 2018 19:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Mancur Baru di Banda Aceh Ini Instagramable Banget

Agus Setyadi
detikTravel
Air mancur baru di Taman Bustanussalatin, Banda Aceh (Agus/detikTravel)
Air mancur baru di Taman Bustanussalatin, Banda Aceh (Agus/detikTravel)
Banda Aceh - Kota Banda Aceh punya air mancur yang kekinian banget. Dengan air warna-warni, lokasi ini jadi spot selfie baru kawula muda Tanah Rencong.

Letak air mancur tepat di seberang Balai Kota Banda Aceh, persisnya di Taman Bustanussalatin (Taman Sari). Lokasi ini hanya berjarak ratusan meter dari Masjid Baiturrahman.

Air mancur di Taman Sari hanya dihidupkan pada malam hari saja. Travaler yang berada di Tanah Rencong pun dapat melongoknya dengan gratis, tanpa dipungut biaya.

Pemkot Banda Aceh membangun air mancur tersebut di tengah-tengah Taman Sari. Di sana, terdapat sekitar 30 lubang yang dapat menyemprotkan air ke atas. Keindahan air mancur ini ditambah dengan sinaran lampu warna-warni. Sekilas, terlihat airnya yang berganti warna.

Air mancur ini hanya dinyalakan saat malam (Agus/detikTravel)Air mancur ini hanya dinyalakan saat malam (Agus/detikTravel)
Traveler yang datang ke sini, diperbolehkan berselfie sepuasnya. Tinggal pasang gaya terbaik dan jepret, foto dengan latar air mancur dapat diunggah ke media sosial. Instagramable banget!

Lokasi wisata air mancur tidak hanya dapat dinikmati remaja atau orang dewasa saja. Anak-anak pun dapat bermain sepuasnya di sana. Di objek wisata Taman Sari tersedia mobil-mobilan dan sejumlah permainan untuk anak kecil. Tentunya, permainan-permainan tersebut disewakan dengan harga terjangkau.

Pemkot Banda Aceh mulai mempermak Taman Sari sejak November 2017. Lokasi ini dibikin lebih bagus dari sebelumnya. Di sekeliling taman juga sudah dipasang lampu dan kursi tempat bersantai. Di sana, kini juga dibangun sebuah panggung besar.

Indah dan instagramable banget (Agus/detikTravel)Indah dan instagramable banget (Agus/detikTravel)
Di ujung Taman Sari juga dibikin gedung yang diberi nama Taman Bustanussalatin Kota Banda Aceh. Rencananya, gedung yang dibangun sejak 2016 lalu ini akan digunakan sebagai museum yang memamerkan foto dan informasi sejarah Aceh dan pembangunan ibukota Tanah Rencong dari masa ke masa.

Jadi, traveler yang jalan-jalan ke Taman Sari tidak hanya dapat menikmati keindahan air mancur, tapi sejumlah objek wisata lain. Pembangunan spot wisata ini dilakukan Pemkot Banda Aceh untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Beberapa fasilitas dan lokasi yang bakal dipermak di antaranya yaitu kawasan Ulee Lheue akan dijadikan sebagai pusat kuliner. Selama ini, lokasi tersebut menjadi lokasi favorit kawula muda untuk nongkrong pada sore hari. Selain itu, Pemkot Banda Aceh juga akan menjadikan panggung seni dan budaya di Taman Sari yang dibuka setiap Sabtu-Minggu.

"Jika tahun lalu jumlah wisatawan yang datang ke Banda Aceh hanya sekira 274 ribu orang, maka pada akhir tahun ini kita targetkan dapat mencapai angka 500 ribu. Dan tahun depan target kita dua kali lipat yakni satu juta kunjungan wisatawan," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam keterangannya, Minggu (7/10/2018) lalu. (agse/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED