Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Des 2018 16:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan di Bandung: Kawah Kamojang

Wisma Putra
detikTravel
Kawasan Kawah Kamojang di perbatasan Bandung-Garut (Wisma Putra/detikTravel)
Kawasan Kawah Kamojang di perbatasan Bandung-Garut (Wisma Putra/detikTravel)
Jakarta - Bandung tidak hanya punya Kawah Putih saja. Di perbatasan Bandung-Garut ada kawasan Kamojang dengan aneka kawah yang unik dan menarik.

Belum lama ini detikTravel berkunjung ke Objek Wisata Kawah Kamojang. Lokasinya berada di kawasan PT Indonesia Power dan PT Pertamina Geotermal Energy. Untuk sampai ke wisata ini dapat menggunakan dua jalur berbeda, yaitu via Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Objek wisata ini kerap disebut Kawah Kamojang Garut, namun secara administratif lokasi Kawah Kamojang ini ada di Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. Hanya saja lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Garut.

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan di Bandung: Kawah KamojangBerada di kawasan hijau (Wisma Putra/detikTravel)
Tiket masuk ke wisata ini, setiap wisatawan akan dikenakan karcis Rp 7.500 dan asuransi Rp 2.000. Sedangkan untuk tarif kendaraan jenis sepeda Rp 3.000, sepeda motor Rp 7.500, mobil Rp 15 ribu dan bus Rp 75 ribu.

Alam yang masih hijau dan udara yang masih sejuk akan tersuguhkan saat traveler memasuki kawasan Kawah Kamojang. Aroma belerang yang menyengat menjadi salah satu ciri khas di objek wisata ini.

Kawah Kamojang hanyalah nama untuk objek wisata ini. Namun di kawasan Kawah Kamojamg terdapat banyak kawah yang menjadi perhatian banyak orang, di antaranya Kawah Manuk, Kawah Berecek, Kawah Kereta Api dan Kawah Hujan.

Kawah-kawah tersebut memiliki keunikan sendiri, seperti Kawah Manuk, letaknya berada di sebelah kiri sebelum pintu masuk. Aroma belerang di kawah tersebut sangat menyengat, lebih baik bagi Anda yamg ingin berswafoto di kawah tersebut untuk menggunakan masker.

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan di Bandung: Kawah KamojangKawah Kereta Api (Wisma Putra/detikTravel)
Seperti namanya, kawah tersebut mengeluarkan suara seperti burung atau dalam bahasa Sunda disebut manuk. Selain itu, kawah tersebut kerap dilintasi oleh kawanan burung. Sedangkan Kawah Berecek seperti danau yang mengering terbakar oleh uap.

Kawah Kereta Api, lain dengan Kawah Manuk dan Berecek, kawah ini menyembur dari sebuah pipa besi dan mengeluarkan suara seperti kereta Api. Karena berbahaya kawah ini dikelilingi pagar besi.

Setelah Kawah Kereta Api, tepat di ujung kawasan objek wisata Kawah Kamojang, Anda dapat melihat Kawah Hujan. Kawah ini memiliki keunikan tersendri daripada yang lain. Kawah ini dapat mengeluarkan uap panas dan cipratan air yang bermanfaat untuk terapi kesehatan.

"Obek wisata ini masih alami. Nyaman dan cocok dijadikan untuk wisata keluarga," kata salah satu pengunjung asal Bandumg Siti Nuraeni Agustia (24).

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan di Bandung: Kawah KamojangKawah Manuk (Wisma Putra/detikTravel)
Tia sapaan karibnya berujar, di objek wisata ini memiliki banyak kawah selain dapat digunakan untuk berswafoto kawah-kawah di sini juga bagus untuk edukasi kepada anak-anak.

"Selain bermain, anak-anak juga bisa belajar dan menambah pengetahuan tentang kawah. Seperti Kawah Kereta Api di plangnya terdapat keterangan seperti tahun berapa kawah itu ada dan keterangan lainnya," ujarnya.

Tia menambahkan, objek wisata ini masih alami. Banyak pohon pinus, cemara dan lainnya di kawasan objek wisata ini, selain itu banyak burung-burumg liar berterbangan.

"Masih alami, banyak burung-burung liar berterbangan di sini," tambahnya.

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan di Bandung: Kawah KamojangKawah Berecek (Wisma Putra/detikTravel)
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED