Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Des 2018 16:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Libur Akhir Tahun, Gua Sunyaragi Cirebon Diserbu Wisatawan

Sudirman Wamad
detikTravel
Foto: Gua Sunyaragi Cirebon (Sudirman Wamad/detikTravel)
Foto: Gua Sunyaragi Cirebon (Sudirman Wamad/detikTravel)
Cirebon - Gua Sunyaragi jadi tempat wisata favorit di Kota Cirebon, saat libur akhir tahun. Tidak heran, karena menyajikan informasi edukasi dan sejarah.

Tempatnya yang instagramable membuat Gua Sunyaragi selalu diserbu saat musim liburan. Bangunan Gua Sunyaragi didominasi dengan batu karang. Menyusuri setiap sudut-sudut batu karang di Gua Sunyaragi sembari berswafoto menjadi salah satu alasan wisatawan untuk berkunjung.

Gua Sunyaragi terdiri dari beberapa bangunan, di antaranya Bangsal Jinem, Gua Pengawal, Mande Kemasan, Gua Simanyang, Gua Langse, Gua Peteng, Gua Argajumut, Gua Padang Ati, Gua Kelanggengan, Gua Lawa dan Gua Pawon.

Salah satu sudut GuaSalah satu sudut Gua Foto: Sudirman Wamad/detikTravel


Manager Humas Gua Sunyaragi Thamrin Iskandar mangatakan lonjakan wisatakan sudah mulai terjadi sejak akhir pekan kemarin. Thamrin menyebutkan tingkat kunjungan wisatawan pada musim libur akhir tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

"Sekarang itu tingkat kunjungannya dari 500 hingga 1.000 wisatawan lebih. Ini sudah terjadi sebelum natal. Kalau tahun lalu lebih rendah, selisihnya sekitar 200 sampai 300 pengunjung dibandingkan tahun ini," ucap Thamrin saat ditemui detikcom si Gua Sunyaragi, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (25/12/2018).

Meningkatnya kunjungan wisatawan di Gua Sunyaragi, menurut Thamrin, merupakan imbas dari adanya Tol Cipali. Selain itu, lanjut dia, Gua Sunyaragi merupakan tempat wisata yang instagramable.

"Mayoritas pengunjung itu ke sini karena ingin foto-foto, selain ingin belajar sejarah. Taman di Sunyaragi sekarang sudah bagus," ucapnya.

Lebih lanjut, Thamrin menyebutkan sedikitnya ada tiga tempat favorit wisatawan untuk berswafoto, yakni Gua Argajumut, Gua Peteng, dan taman-taman. Saat ini, lanjut dia, harga tiket masuk ke Gua Sunyaragi masih seperti hari biasa, yakni Rp 10.000.

Libur Akhir Tahun, Gua Sunyaragi Cirebon Diserbu WisatawanFoto: Sudirman Wamad/detikTravel

"Kalau anak-anak kita gratiskan, maksimal usia lima tahunan. Kita prediksi (wisatawan) terus meningkat sampai tahun baru nanti," ucapnya.

Di tempat yang sama, salah seorang pengunjung Maman (35) bersama keluarganya sibuk berswafoto. Maman mengaku pertama kalinya berkunjung ke Gua Sunyaragi.

"Ya sengaja ke sini, bagus untuk edukasi anak-anak soal sejarahnya. Terus, bisa foto-foto di bangunan bersejarah," kata wisatawan asal Kuningan itu. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED