Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Des 2018 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Main Salju Tapi di Jember, Kok Bisa?

Yakub Mulyono
detikTravel
Tiara Waterpark di Jember (Yakub/detikTravel)
Tiara Waterpark di Jember (Yakub/detikTravel)
Jakarta - Indonesia merupakan negara tropis yang tidak mengalami musim dingin bersalju. Tapi, traveler masih bisa mencoba di Jember lho.

Merayakan Natal bagi umat Nasrani dilakukan dengan berdoa bersama di Gereja. Namun bagi masyarakat yang tidak merayakan, biasa memanfaatkannya untuk berlibur ke lokasi wisata. Seperti halnya masyarakat Jember, meskipun cuaca mendung dan sore diguyur hujan, anak-anak dan remaja di kabupaten setempat memanfaatkan hari libur tersebut dengan bermain air dan berenang di Wisata Tiara Water Park.

Inilah Tiara Water Park Jember, yang berada di daerah Kaliurang, Kecamatan Sumbersari, dan tidak jauh dari Kampus Universitas Jember itu, menjadi sangat ramai dikunjungi karena adanya tempat bermain air baru, dan sangat unik. Wahana yang disebut Kolam Salju itu, kini menjadi tempat libur favorit, karena hanya satu-satunya di Jember.

"Kami memiliki wahana baru Kolam Salju. Kenapa kami sebut demikian, karena pengunjung bisa bermain air di kolam renang, dengan diguyur semacam racikan busa sabun khusus namun aman. Mirip dengan salju yang turun dari langit," ujar pengelola Tiara Water Park Jember, Ekstrada Januariko, Selasa (25/12/2018).

Pria yang akrab dipanggil Riko itu menyampaikan, busa sabun yang mirip salju itu, ditembakkan dari alat khusus yang bentuknya mirip botol dan diarahkan ke pengunjung yang bermain di kolam renang bawahnya.

"Wahana ini kami desain mirip seperti di kutub utara, dengan ada patung penguin, dan busa saljunya ditembakkan ke atas dan jatuh ke bawah layaknya salju. Sehingga anak-anak dan remaja senang sekali. Bahkan pengunjung juga mengabadikannya dengan berselfie (swafoto, red)," terangnya.

Dengan adanya wahana baru tersebut, kata Riko, menjadi daya tarik tersendiri, bahkan mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang ke Tiara Water Park. "Pengunjung, apalagi libur natal yang bersamaan dengan libur sekolah, didukung wahana baru kami Kolam Salju, membantu jumlah pengunjung yang datang. Alhamdulillah hari ini ada 500an orang yang datang," ungkapnya.

Main Salju Tapi di Jember, Kok Bisa?Foto: Pengunjung yang mencoba bermain salju (Yakub/detikTravel)

"Semoga semakin ramai, dan wahana ini kami hidupkan alatnya dengan durasi waktu satu jam sekali. Untuk pengunjung silahkan datang, dan bermain salju layaknya di kutub utara," imbuhnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi terpisah, salah satu pengunjung Yunita menyampaikan, dirinya sengaja jauh-jauh datang dari Malang bersama dengan keluarganya, untuk berlibur ke Jember. dia mencoba sensasi bermain air di Kolam Salju karena tahu di media sosial. "Tahunya wahana baru ini di Instagram. Penasaran saja, jadi ingin mencoba. Apalagi lokasi wisatanya di tengah kota, dekat daerah kampus," katanya.

Dengan melihat tumpukan busa sabun khusus, dan mirip salju, kata Yunita, serasa ada di kutub. "Seru dan unik idenya, busa sabunnya yang mirip salju, juga aman. Sangat layak dikunjungi, mumpung libur sekolah," katanya. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA