Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Jan 2019 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Polewali Mandar Punya Air Terjun yang Cantik Banget

Abdy Febriady
detikTravel
Air Terjun Limbong Kamandang di Sulbar (Abdy Febriady/detikTravel)
Air Terjun Limbong Kamandang di Sulbar (Abdy Febriady/detikTravel)
Polewali Mandar - Satu lagi destinasi cantik dari Sulawesi Barat. Namanya Air Terjun Limbong Kamandang dengan aliran jernih di antara pepohonan hijau. Cantik!

Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Polewali Mandar , Sulawesi Barat, masih banyak yang belum terungkap luas. Selain pantai dan sungai, daerah ini juga memiliki sejumlah potensi wisata air terjun. Salah satunya Limbong Kamandang, yang berada di Desa Kurrak, Kecamatan Tapango.

Air Terjun Limbong Kamandang memiliki ketinggian tidak kurang dari 50 meter dengan sebuah kolam air di bawahnya. Tdak mengherankan jika lokasi Air Terjun Limbong Kamandang selalu didatangi warga, khususnya saat akhir pekan.

Kolam alam di kaki air terjun ini juga tidak begitu dalam, sehingga cukup aman dijadikan lokasi bermain ataupun berenang. Siapa saja yang ingin merasakan kesegaran dan sensasi dinginnya Air Terjun Limbong Kamandang bisa langsung bermain air di sini.

Polewali Mandar Punya Air Terjun yang Cantik Banget(Abdy Febriady/detikTravel)

Posisi Air Terjun Limbong Kamandang yang dikelilingi rimbunnya daun pepohonan yang menjulang tinggi, juga memberikan kenikmatan tersediri bagi pengunjung yang ingin menikmati udara segar tanpa polusi. Dan pastinya dengan suasana yang teduh, dijamin bisa membuat traveler melupakan penat akibat rutinitas kerja sehari-hari.

Walau berada di daerah terpencil, pengunjung jangan khawatir karena lantaran Air Terjun Limbong Kamandang dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Waktu tempuh menuju lokasi kurang lebih satu jam dari Polewali, ibu Kota Kab.Polewali Mandar.

Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Limbung Kamandang juga menyenangkan, apalagi menggunakan sepeda motor. Selain mata pengunjung dimanjakan dengan pemandangan khas daerah pegunungan, adrenalin juga dapat terpacu saat melewati sejumlah jalan menanjak dan menikung, dengan jurang curam di sisi jalan.

Air Terjun Limbong Kamandang, memiliki dua aliran air sehingga tampak terlihat air terjun kembar. Namun bedanya, yang satu mengalirkan air dengan cukup deras, sedangkan yang satunya mengalir sedang.

(Abdy Febriady/detikTravel)(Abdy Febriady/detikTravel) Foto: undefined

Tentunya kondisi tersebut menjadi kelebihan, jika pengunjung ingin merasakan berenang sambil merasakan derasnya air terjun yang jatuh dan membasahi tubuh. Ataupun sebaliknya, berenang di bawah air terjun yang mengalir sedang.

Menariknya lagi, kesempurnaan Air Terjun Limbong Kamandang juga dapat dilihat langsung dari sebuah jembatan kayu penghubung dusun di daerah ini. Jembatan ini juga dimanfaatkan warga yang melintas, untuk berhenti sekedar untuk menikmati pemandangan sambil berswaphoto.

Walau keberadaan destinasi wisata alam ini bukan rahasia umum lagi, namun sayangnya perhatian dari pemerintah nampaknya masih sangat kurang. Belum ada fasilitas pendukung seperti toilet atau tempat ingin berganti pakaian, lahan parkir juga masih minim. Sehingga pengunjung terpaksa memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan, yang tentu saja akan menggangu kelancaran lalu lintas warga di daerah ini.

(Abdy Febriady/detikTravel)(Abdy Febriady/detikTravel) Foto: undefined


Beruntung, pemerintah desa berinisiaf membuat anak tangga dari pinggir jalan hingga ke lokasi air terjun, sehingga pengunjung tidak perluh susah mencari jalan ke lokasi air terjun yang berjarak sekitar 100 meter dari pinggir jalan. Pemerintah setempat juga belum menarik retribusi dari setiap warga yang berkunjung ke tempat wisata ini alias gratis.

Salah seorang pengunjung, Wawan mengaku puas setelah melihat secara langsung keindahakan panorama alam Air Terjun Limbong Kamandang.

"Sangat puas! Tidak sia-sia saya jauh-jauh datang dari Polewali ke tempat ini. Ternyata lebih indah dari yang selama ini saya dengar dari cerita orang," ujarnya.

Di sekitar kawasan Air Terjun Limbong Kamandang ini terdapat perkebunan durian. Beragam jenis buah durian milik warga setempat ini bisa traveler nikmati dengan harga murah.

Penasaran merasakan sensasi kenikmatan berendam dalam air dingin yang berjatuhan dari ketinggian lebih dari 50 meter? Penasaran dengan nikmatnya buah durian? Yuk ajak keluarga, sahabat, teman dan orang terdekat untuk liburan ke Wisata Alam Air Terjun Limbong Kamandang.


(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED