Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Jan 2019 16:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Inilah Domba Batur, yang Populasinya Terus Menurun

Uje Hartono
detikTravel
Domba Batur (Uje Hartono/detikTravel)
Domba Batur (Uje Hartono/detikTravel)
Banjarnegara - Domba Batur (Dombat) spesienya terus menurun. Seperti apa sih domba ini, mari lihat di Banjarnegara

Saat ini, species Dombat bisa ditemui di Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Serulingmas Banjarnegara. Domba yang memiliki bulu tebal hingga menutup kaki dan kepala ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung taman rekreasi ini.

Salah satunya dikatakan Iris Aline Azzahra (15). Ia mengaku baru pertama kali melihat domba dengan bulu tebal yang tumbuh di sekujur tubuh. Apalagi bisa berinterkasi dengan memberi makan.

"Saya baru pertama kali melihat domba jenis ini. Umunya domba itu memiliki bulu tetapi tidak setebal ini," kata dia di Omah Domba TRMS Serulingmas Banjarnegara, Minggu (13/1/2019).

Inilah Domba Batur, yang Populasinya Terus MenurunFoto: (Uje Hartono/detikTravel)


Wisatawan lain, Agung Ardiansyah (31) menuturkan bentuk dari Dombat ini membuat penasaran. Menurut dia, domba tersebut mirip dengan serial film animasi Shaun the Sheep.

"Bentuknya lucu seperti yang di film 'Shaun the Sheep'. Jadi anak-anak pada suka, apalagi domba ini kan tidak membahayakan. Anak-anak juga tidak takut," tuturnya.

Inilah Domba Batur, yang Populasinya Terus MenurunFoto: (Uje Hartono/detikTravel)


Di omah domba, terdapat tiga ekor Dombat yang menggemaskan. Domba ini didatangkan langsung dari Kecamatan Batur, Banjarnegara. Selain memiliki bulu yang tebal, domba ini juga tidak memiliki tanduk.

"Wisatawan bisa berinteraksi dan berfoto dengan domba-domba ini. Wisatawan hanya membayar Rp 5 ribu per orang untuk masuk ke Omah Domba ini,""kata Direktur TRMS Serulingmas Banjarnegara Lulut Yekti Adi. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA