Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jan 2019 07:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Karamasang, Pulau Cantik Tapi Tersembunyi di Sulawesi Barat

Abdy Febriady
detikTravel
Pulau Karamasang, pulau cantik tapi tersembunyi di Sulawesi Barat (Abdy Febriady/detikTravel)
Pulau Karamasang, pulau cantik tapi tersembunyi di Sulawesi Barat (Abdy Febriady/detikTravel)
Polewali Mandar - Polewali Mandar di Sulawesi Barat memiliki banyak lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya Pulau Karamasang, yang cantik tapi tersembunyi.

Pulau Karamasang terletak di wilayah Kelurahan Ammassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pulau ini keberadaannya belum ramai dikunjungi wisatawan.

Pulau Karamasang ini berada di antara deretan pulau-pulau kecil di Teluk Mandar. Karamasang terletak pada posisi paling timur diantara jejeran pulau di daerah ini.

Untuk menjangkau Pulau Karamasang, pengunjung bisa menumpangi perahu tradisional. Oleh masyarakat lokal, perahu ini disebut perahu 'lopi' katinting.

Dengan tarif Rp 10 ribu untuk setiap orang, waktu tempuh menuju ke pulau ini cukup 10 menit saja dari pangkalan ojek perahu di Kelurahan Ammassangan.

Menuju pulau ini bisa naik perahu lopi katinting (Abdy Febriady/detikTravel)Menuju pulau ini bisa naik perahu lopi katinting (Abdy Febriady/detikTravel) Foto: undefined


Selain menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru jernih, di pulau kecil ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit maupun yang akan terbenam.

"Di sana bisa lihat sunrise dan sunset. Kalau sunrise dari balik perbukitan deretan pulau. Kalau sunset kita bisa lihat di laut," kata salah seorang pengunjung, Askar kepada detikTravel, Senin (14/01/19).

Askar mengaku Pulau Karamasang memiliki keindahan dengan ciri khas tersendiri. "Ibaratnya pulau ini adalah surga tersembunyi di Polewali Mandar," puji Askar.

 Pulau ini cantik kan? (Abdy Febriady/detikTravel) Pulau ini cantik kan? (Abdy Febriady/detikTravel) Foto: undefined


Sementara itu pengelola objek wisata Pulau Karamasang, Arfa mengatakan, upaya pembenahan terus dilakukan agar keberadaan objek wisata ini bisa terus menarik minat pengunjung.

"Agar menarik minat dan membuat pengunjung merasa nyaman. Saat ini kita tengah membangun sejumlah gazebo, toilet, dan fasilitas penunjang lainnya," ujar Arfa.

Pengelola juga berharap dinas terkait dalam hal ini Dinas Pemuda dan Pariwisata Polman dapat memberikan dukungan dan bantuan agar Pulau Karamasang bisa menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata yang ada di Kabupaten Polewali Mandar.



(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA