Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jan 2019 16:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pangandaran Punya Ratu Monyet Tercantik dan Suka Ngaca

Andi Nurroni
detikTravel
Foto: (Andi Nurroni/detikTravel)
Foto: (Andi Nurroni/detikTravel)
Pangandaran - Wisata alam di Pangandaran ini tak hanya cantik dari alamnya. Monyetnya pun mendapat gelar serupa.

Sejarah dunia mencatat sosok ratu cantik penakluk para lelaki bernama Cleopatra. Di Hutan Cagar Alam atau Taman Wisata Alam Pananjung Pangandaran, Jawa Barat, juga ada sosok monyet cantik penakluk hutan bernama Santi.

Kisah Santi terkenal di kalangan petugas pengelola hutan dan warga sekitar. Ahyadi (52), petugas senior Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Hutan Pananjung menceritakan kisah dengan penuh kelakar ini pada detikTravel, Rabu (16/1/2019).

Menurut dia, di antara 300-an monyet yang hidup di Hutan Pananjung, ada beberapa yang unik sehingga diberikan julukan oleh petugas. Monyet jenis kera ekor panjang atau Macaca fascicularis ini memiliki sejumlah keunikan yang tidak disamai monyet-monyet lain.

Ia menggambarkan, pada umumnya kelompok-kelompok monyet ini biasa berseteru satu sama lain. Monyet angota kelompok tertentu, bisa diserang oleh kawanan kelompok lain jika berusaha mendekati teritori kekuasaan kelompok tersebut.
Pangandaran Punya Ratu Monyet Tercantik dan Suka NgacaFoto: (Andi Nurroni/detikTravel)

"Nah, di hutan ini ada tujuh kelompok. Santi ini anehnya, bisa keliling hutan dan diterima semua kelompok," kata Yadi di Taman Wisata Alam Pananjung.

Yadi dan teman-teman sesama petugas tidak mengerti kenapa Santi bisa memiliki kemampuan bersosialisasi seperti itu. Berdasarkan penampilan fisik yang ditangkap mata, menurut Yadi, Santi berbulu rapi dan raut rupanya berbeda dengan monyet lainnya.

"Mungkin di kalangan monyet itu Santi yang paling cantik," ujar Yadi diikuti gelak tawa bersama rekan-rekannya.

Karena biasa berpindah dari satu kelompok ke kelompok lain, Santi banyak kawin-mawin dengan monyet-monyet jantan di tujuh kelompok berbeda. Ia meyakini, keturunan Santi pun banyak dan tersebar.

Pangandaran Punya Ratu Monyet Tercantik dan Suka Ngaca(Andi Nurroni/detikTravel)



Cerita menarik lain mengenai Santi terjadi ketika seorang pawang monyet dari Suku Baduy dibawa ke Hutan Pananjung. Tugasnya menangkap monyet-monyet itu dan akan dipindahtempatkan.

"Ini kata orang Baduy, Santi ini katanya yang pegang pakakas (kunci kekuasaan)," ujar Yadi.

Petugas lainnya, Bambang Prayitno (44) membenarkan kisah Santi ini. Sosok monyet satu ini awalnya berasal dari Kelompok Goa Jepang, salah satu teritori monyet di Hutan Pananjung. Jika sedang di kelompok asalnya Santi biasa dijumpai di kawasan parkiran.

Kisah Santi telah ada sejak belasan tahun lalu. Melihat bentuk fisiknya, ia menaksir Santi berumur kira-kira 25 tahun.

Selain Santi, monyet yang ditandai petugas adalah kawaanan monyet spesialis begal spion. Ada tiga ekor monyet dari Kelompok Parkiran yang biasa melakukan aksi ini.

"Ini yang bertiga ini biasanya nyopot spion motor, mobil, dia bawa buat main-main. Mereka suka ngaca," kata Bambang tertawa. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA