Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Jan 2019 22:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kampung Turis, Sudut Asyik di Pantai Pangandaran

Andi Nurroni
detikTravel
Kampung Turis di Pangandaran (Andi Nurroni/detikTravel)
Kampung Turis di Pangandaran (Andi Nurroni/detikTravel)
Pangandaran - Pantai Pangandaran kini punya sudut menarik untuk para wisatawan. Selamat datang di Kampung Turis!

Kompleks Kampung Turis di Blok Pamugaran, kawasan wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat semakin semarak sejak diresmikan setahun lalu. Area kafe dan resto eksotis di bibir pantai perawan ini merupakan paket lengkap destinasi wisata lengkap.

Suguhan yang ditawarkan berupa kuliner, hiburan musik, sekaligus suasana pantai yang senyap.

Terdapat 12 kafe dan resto dengan arsitektur bambu yang eksotis di kawasan ini. Konsep bambu menjadi pilihan kolektif para pengelola kafe da resto di tempat ini.

(Andi Nurroni/detikTravel)(Andi Nurroni/detikTravel)

Hal ini dikarena sejumlah pertimbangan, di antaranya ramah lingkungan, murah, sekaligus menjadi nilai unik yang disukai para wisatawan, khususnya turis asing.

Untuk mencapai Kampung Turis, pengunjung perlu berkendara dari kawasan utama Pantai Pangandaran ke arah barat mengikuti jalan tepi pantai. Dibutuhkan waktu tak lebih dari 10 menit untuk mencapai tempat ini, dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Untuk wisatawan yang memerlukan kendaraan umum, Anda bisa memesan ojek.

Kampung Turis buka sejak pagi hingga malam. Bahkan khusus akhir pekan, sebagian kafe dan resto sudah menyediakan live music. Setiap kafe dan resto menyajikan konsep berbeda, ada yang mengusung gaya bar dengan musik-musik EDM, ada kafe yang lebih senyap dan menjajakan wisata kuliner, serta pilihan-pilihan lain.

(Andi Nurroni/detikTravel)(Andi Nurroni/detikTravel)

Setiap kafe umumnya memiliki dua zonasi, yakni zona utama dengan meja-kursi di dalam bangunan, serta zona gazebo dan arena bermain di tepi pantai. Bagi Anda yang ingin merasakan ketengan pantai, Anda cukup sedikit melangkah menjauhi kafe ke arah laut.

Jika sore hari, Anda bisa beruntung menikmati keindahan matahari terbenam dari Kampung Turis. Duduk menyantap kelapa muda sambil bertelanjang kaki adalah salah satu pilihan terbaik.

Bayu Ari (32), salah seorang pemilik kafe di Kampung Turis menyampaikan, tren kunjungan ke kampung turis berangsur-angsur meningkat. Ia percaya, pada waktu-waktu mendatang, Kampung Turis akan semakin ramai, seiring dengan popularitasnya yang semakin naik.

Bayu menjeaskan, kawasan tersebut boleh dibilang destinasi wisata rintisan, sebagai tindaklanjut dari relokasi dan pembersihan bangunan-bangunan di kawasan utama Pantai Pangandaran. Sebanyak 12 kafe dan resto, kata dia, dipindahkan ke satu kompleks khusus yang diberi nama Kampung Turis.

(Andi Nurroni/detikTravel)(Andi Nurroni/detikTravel)

Dinamai Kampung Turis, menurut Bayu, karena tempat tersebut memang menjadi ikon destinasi wisata Pantai Pangandaran untuk para turis asing. Walaupun pada kenyataannya saat ini, menurut Bayu, wisatawan lokal yang berkunjung jauh lebih banyak.

"Kalau turis (asing) banyak dari Belanda, Jerman, Perancis, Australia. Banyak juga pelanggan setia kami bule-bule yang sudah berdomisili di Pangandaran," ujar pemilik Bamboo Beach Bar & Cafe tersebut.

Untuk turis asing, kata Bayu, pihaknya biasa menawarkan menu-menu tradisional, seperti pindang gunung, nasi uduk atau sate. Sedangkan turis lokal, menurut Bayu, lebih suka masakan-masakan barat. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED