Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Jan 2019 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Mobil Biasa, Ini Air Marshall Car di Museum Angkut

Muhammad Aminudin
detikTravel
Air Marshall Car di Museum Angkut (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Air Marshall Car di Museum Angkut (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Batu - Museum Angkut di Kota Batu memang jadi destinasi menarik. Kini museum ini semakin keren dengan adanya Air Marshall Car atau mobil navigasi pesawat.

Air Marshall Car, satu jenis kendaraan koleksi Museum Angkut di Kota Batu. Mobil ini baru dilaunching dan fungsinya adalah sebagai navigasi pesawat terbang. Sungguh hebat, dengan body-nya yang lebih kecil dibandingkan mobil angkut pada umumnya.

Air Marshall Car dibuat tahun 1950-an dengan model VW beetle. Warnanya yang mencolok memudahkan untuk dilihat oleh pilot khususnya saat akan landing.

"Ukurannya juga kecil, sesuai fungsinya mobil ini sebagai navigasi pada pesawat terbang terutama maskapai yang sifatnya perintis, salah satunya Susi Air. Di negara-negara Amerika, contohnya Kanada pakai mobil ini, sebagai jasa navigasi," terang Market & Promo Museum Angkut Nunuk Liantin pada detikTravel, Senin (21/1/2019) kemarin.

Bukan Mobil Biasa, Ini Air Marshall Car di Museum AngkutFoto: (Muhammad Aminudin/detikTravel)


Pengunjung bisa menemukan Air Marshall Car ketika sudah berada di Runway 27. Museum Angkut sengaja meletakkannya di sana, sesuai dengan fungsi atau kegunaan daripada mobil tersebut.


"Kami bukan hanya mengenalkan koleksi, tahun ini dengan tema Otomotif Life Style, pengunjung juga akan menerima informasi lebih tentang profil koleksi kami. Makanya Air Marshall Car juga kita tempatkan di Runway 27, background-nya juga cocok dengan fungsi dari kendaraan itu," terang Nunuk.

Launching Air Marshall Car di awal 2019 juga menandai transformasi besar-besaran Museum Angkut sebagai wahana wisata sekaligus edukasi kepada pengunjung.

Bukan Mobil Biasa, Ini Air Marshall Car di Museum AngkutFoto: (Muhammad Aminudin/detikTravel)


"Setiap koleksi kami, akan diketahui detil fungsi pembuatannya. Jadi akan menambah informasi bagi pengunjung, contohnya Air Marshall Car, semua akan dijelaskan oleh guide," ungkap Nunuk.

Setidaknya ada 600 koleksi alat transportasi di Museum Angkut Kota Batu. Semua menyebar di hampir 30 spot dengan background sesuai peruntukkannya. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED