Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Jan 2019 12:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Satu Lagi Surga di Sulawesi, Pantai Pasir Putih Palippis

Abdy Febriady
detikTravel
Pantai Palippis yang cantik (Abdy Febriady/detikTravel)
Pantai Palippis yang cantik (Abdy Febriady/detikTravel)
Polewali Mandar - Polewali Mandar di Sulawesi Barat punya banyak keindahannya. Yang kamu belum tahu, ada pantai pasir putih Palippis.

Berwisata di Polewali Mandar, ada objek wisata pantai yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sini. Namanya objek wisata Pantai Palippis, terletak di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar.

Untuk menjangkau tempat wisata yang sekitarnya dipenuhi aneka pepohonan tinggi dan rimbung ini tidaklah sulit. Berjarak sekitar 35 kilometer dari ibu kota Kabupaten Polewali Mandar, dengan waktu tempuh sekitar satu jam saja, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Objek Wisata Pantai Palippis berada di sisi kiri Jalan Trans Sulawesi. Pengunjung dapat memasuki kawasan objek wisata ini menggunakan dua jalan.

Satu Lagi Surga di Sulawesi, Pantai Pasir Putih PalippisFoto: (Abdy Febriady/detikTravel)

Yang pertama, pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di sisi jalan Trans Sulawesi. Kemudian berjalan kaki menuruni tebing batu melewati puluhan anak tangga berbahan beton yang telah di bangun oleh pemerintah daerah setempat. Yang kedua, pengunjung dapat berkendara langsung hingga ke lokasi objek wisata, dengan melewati jalan kampung Desa Bala, kemudian menyusuri pinggir pantai.

Sesampainya di Pantai Palippis, mata pengunjung akan dimanjakan oleh hamparan pasir putih, keindahan laut berwarna biru dengan cahaya berkilaunya. Saking jernihnya, terumbu karang di bawah lautnya dapat terlihat.

Hembusan angin sepoi, dengan jejeran nyiur melambai disertai suara gelombang juga memberi sensasi tersendiri. Dijamin akan membuat pengunjung betah menghabiskan waktu di tempat ini.

Satu Lagi Surga di Sulawesi, Pantai Pasir Putih PalippisFoto: (Abdy Febriady/detikTravel)

Di Pantai Palippis pengunjung leluasa untuk bermain, sekedar untuk merasakan hempasan gelombang di dalam air atau di pinggir pantai, sama asyiknya. Sekedar bermain bola ataupun membuat istana pasir sambil merasakan butiran pasir putih yang halus dan lebut menempel di kulit juga bisa jadi pilihan.

Di tempat wisata ini juga terdapat beberapa spot menarik yang bisa dimanfaatkan setiap pengunjung untuk berswaphoto. Spot ini juga sebagai bukti kamu telah menginjakkan kaki di tempat ini.

Untuk memberikan rasa nyaman kepada setiap pengunjung, di Pantai Palippis juga telah dibangun sejumlah gazebo, aula untuk pertemuan, serta dilengkapi fasilitas MCK, dengan areal parkir yang cukup luas.

Pantai ini juga memiliki keindahan alam lainnya, berupa jejeran tebing batu yang menghadap ke laut dengan ketinggian bervariasi. Kerennya, di bagian bawah tebing terdapat sejumlah gua berukuran kecil, yang dapat dijelajahi para pengunjung saat air sedang surut.

Satu Lagi Surga di Sulawesi, Pantai Pasir Putih PalippisFoto: (Abdy Febriady/detikTravel)

Agar keindahan Pantai Palippis bisa dinikmati secara maksimal, baiknya berkunjung ke tempat ini saat pagi. Karena udaranya masih sejuk dan terik matahari belum begitu panas. Pada waktu sore hari, pengunjung dapat menyaksikan secara langsung merahnya langit dan matahari yang seakan tenggelam ke dalam lautan.

Jika merasa lapar, pengunjung tidak perlu takut, karena di pantai ini terdapat sejumlah warung milik warga lokal yang menawarkan aneka makanan khas setempat.

Dengan ticket masuk hanya 5000 rupiah per orang, tidak mengherankan jika pantai ini selalu dipadati pengunjung saat musim liburan tiba. Namun pada hari biasa, terkadang pengunjung bebas memasuki areal wisata ini, tanpa dipungut biaya.

Salah seorang pengunjung bernama Sudirman mengaku tidak pernah bosan untuk mengajak sanak keluarganya berwisata di Pantai Palippis

Satu Lagi Surga di Sulawesi, Pantai Pasir Putih PalippisFoto: (Abdy Febriady/detikTravel)

"Saya sudah sering membawa keluarga berwisata ke tempat ini, selain tempatnya nyaman, lokasinya juga mudah di jangkau," ujarnya.

Hal serupa juga disampaian pengunjung lainnya H Saldi Kursani, yang mengaku kerap ke tempat ini, untuk merilekskan diri akibat penatnya rutinitas kerja .

"Lumayanlah, di sini suasananya bisa memberikan sedikit ketenangan, apalagi saat beban pikiran lagi banyak akibat pekerjaan, di sini tempat yang paling pas menghilangkan rasa lelah akibat pekerjaan," ungkapnya.

Kamu kapan ke sini? (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED