Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Jan 2019 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulang ke Belitung, Ini Aneka Pantai Cantik yang Bisa Didatangi Ahok

Afif Farhan
detikTravel
Pulau Lengkuas yang punya pantai cantik (Reno Hastukrisnapati Widarto/detikFoto)
Pulau Lengkuas yang punya pantai cantik (Reno Hastukrisnapati Widarto/detikFoto)
Belitung - Mantan Gubernur DKI Basuki T Purnama alias Ahok resmi bebas hari ini. Rencananya dia akan pulang ke Belitung, sekalian main ke pantai-pantai cantiknya ya!

Ahok divonis 2 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah dalam kasus penodaan agama. Dia ditahan dalam pengawasan Lapas Cipinang dengan dititipkan ke rutan di Mako Brimob.

Selepas bebas hari ini, Ahok rencananya akan menuju tempat kelahirannya di Belitung. Dia akan berziarah ke makam sang ayah, Kiem Nam dan sang adik yang telah meninggal, Frans.

"Iya (akan berziarah ke Belitung)," ujar Staf Ahok, Ima Mahdiah kepada detikHot, Kamis (24/1/2019).

BACA JUGA: Langkah Pertama Ahok Bebas: Ziarah ke Belitung dan Liburan ke Luar Negeri

Dalam catatan detikTravel, Pulau Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejatinya memiliki banyak pantai-pantai cantik. Ahok sendiri yang merupakan orang asli Belitung, bisa sekalian mampir dan santai sejenak di pantai-pantainya.

Dirangkum detikTravel, berikut 6 pantai cantik di Belitung:

1. Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Batu-batu granit itulah yang jadi incaran traveler untuk berfoto-foto. Batu-batu granitnya juga membuat panorama pantainya makin eksotis, makin bikin betah berlama-lama.

(Agung Pambudhy/detikFoto)(Agung Pambudhy/detikFoto)


Pantai Tanjung Tinggi juga dikenal sebagai Pantai Laskar Pelangi. Sudah pasti banyak yang tahu, kalau pantai inilah yang jadi lokasi syuting film fenomenal 'Laskar Pelangi'

2. Tanjung Kelayang

Satu lagi pantai cantik di Belitung yakni Tanjung Kelayang. Pantai ini dapat ditempuh dengan 1 jam perjalanan mobil dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Belitung.

Pantai Tanjung Kelayang masuk dalam kawasan KEK Pariwisata Tanjung Kelayang. Artinya, di kawasan ini bakal dibangun berbagai fasilitas penunjang pariwisata.

Foto-foto di Tanjung Kelayang (Sendy Aditya Saputra/Istimewa/Kemenpar)Foto-foto di Tanjung Kelayang (Sendy Aditya Saputra/Istimewa/Kemenpar)


Pantai Tanjung Kelayang tak kalah cantik dengan Pantai Tanjung Tinggi di Belitung Timur. Pantai Tanjung Kelayang memiliki bebatuan yang besar, asyik buat foto-foto.

Banyak perahu boat yang disewakan di sana untuk island hopping ke pulau-pulau kecil di sekitarnya.

3. Tanjung Pendam

Berada di pusat Kota Tanjung Pandan, inilah Pantai Tanjung Pendam yang jadi tempat favorit warga Belitung untuk hangout.

Berbeda dengan Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi, Pantai di Tanjung Pendam tidak memiliki bebatuan granit. Namun, banyak aneka rumah makan dan kafe di pinggir pantainya.

Lihat sunset dari Tanjung Pendam, cantik juga!

Menikmati sunset di Tanjung Pendam (Ratna Pertiwi/d'Traveler)Menikmati sunset di Tanjung Pendam (Ratna Pertiwi/d'Traveler)


4. Pantai Membalong

Berada di Belitung bagian barat, terdapat Pantai Membalong yang cantik. Pantai ini begitu sepi, membuat kamu yang datang ke sini serasa memiliki pantai pribadi.

Pantai Membalong juga memiliki deretan bebatuan granit. Pasir pantainya putih, bikin kamu asyik buat bersantai.

(Nanang Kosim/d'Traveler)(Nanang Kosim/d'Traveler)


Di dekat pantainya ada Bukit Batu Baginde Laki dan Bukit Batu Baginde Perempuan. Dari bukit-bukit itu, kamu bisa memandangi lanskap pantainya dari ketinggian. Aduhai eloknya!

5. Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi berada di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur. Lokasinya sekitar 20 kilometer dari Kota Manggar.

Pantai Burung Mandi konturnya landai dan tidak memiliki bebatuan granit. Pengunjung dapat menikmati suasana dengan berjalan menyusuri pantai, duduk- duduk di bawah pohon dan di bangku yang banyak terdapat di sepanjang pantai. Perahu nelayan yang berbaris di pinggir pantai juga menjadi pemandangan yang menarik.

(Sunarjo Leman/d'Traveler)(Sunarjo Leman/d'Traveler)


6. Pantai Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas lokasinya dapat ditempuh dari Pantai Tanjung Tinggi. Pulau kecil ini dihiasi pantai berpasir putih yang landai nan cantik, plus beberapa bebatuan granit. Asyik!

Wisatawan dapat berenang dan snorkeling di sekitar pantainya. Panorama berupa menara mercusuar yang menjulang tinggi, membuat Pulau Lengkuas wajib masuk dalam daftar destinasi kamu di Belitung. Beberapa warung makan tersedia di Pulau Lengkuas, jadi tak perlu takut kehabisan makanan atau minuman.

(Reno Hastukrisnapati Widarto/detikFoto)(Reno Hastukrisnapati Widarto/detikFoto)


Dulunya, wisatawan diizinkan untuk naik ke atas Menara Mercusuar. Hanya saja, kini diizinkan sampai lantai 3 sebab kondisinya yang sudah tua.

Tak masalah, leyeh-leyeh di pantainya saja sudah bikin kamu lupa waktu!

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED